Rangkuman Tema 4 Kelas 4
RANGKUMAN
KELAS
4 TEMA
4 SUBTEMA 1-3 BERBAGAI PEKERJAAN
Muatan
PPKn KD 3.1
1. Pedoman
bangsa Indonesia dikenal dengan
istilah dasar negara yaitu Pancasila.
2. Sila-sila Pancasila dengan simbolnya
Sila ke
|
Bunyi Sila
|
Simbol
|
1
|
Ketuhanan yang Maha Esa
|
Bintang
|
2
|
Kemanusiaan yang adil dan beradap
|
Rantai
|
3
|
Persatuan Indonesia
|
Pohon
beringin
|
4
|
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan
dalam permusyawaratan perwakilan
|
Kepala
Banteng
|
5
|
Keadilan sosial bagi Indonesia
|
Padi dan
Kapas
|
3.
Sila Pertama Pancasila
A. Makna lambang sila pertama
Bintang diartikan cahaya kerohanian
Warna hitam diartikan sebagai warna alam yang
menunjuk pada Tuhan
B.Contoh
penerapan sila pertama Pancasila dalam kehidupan sehari-hari:
a. Memeluk
salah satu agama yang diyakini kebenarannya.
b. Tidak
memaksakan agama kepada orang lain.
c. Menghormati orang yang sedang beribadah
d. Melestarikan
lingkungan alam sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
C.
Nilai yang terkandung dalam sila pertama Pancasila adalah Kepercayaan dan ketakwaan kepada Tuhan.
4.
Sila kedua Pancasila
A. Makna Lambang Sila kedua
Mata
rantai berbentuk segi empat melambangkan laki-laki. Mata rantai berbentuk
lingkaran melambangkan perempuan. Mata
rantai yang saling berkaitan melambangkan hubungan manusia satu dengan yang
lainnya yang perlu bersatu dan saling membantu sehingga menjadi kuat seperti
rantai.
B. Pengamalan
sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari seperti berikut.
Di lingkungan keluarga
a.
Saling menyayangi
antar anggota keluarga
b.
Saling membantu
pekerjaan rumah
c. Menghormati kedua orangtua kita
Di lingkungan sekolah
a.
Hormat kepada
Ibu/Bapak Guru
b.
Saling menyayangi
sesama teman
c.
Saling
tolong-menolong antar teman
d. Bersikap sopan santun
Di lingkungan masyarakat
a. Memberikan
bantuan kepada tetangga
b.
Menjenguk tetangga
yang sakit
c.
Melayat tetangga
yang meninggal
C. Nilai
yang terkandung dalam sila kedua Pancasila:
kemanusiaan, persamaan harkat dan martabat manusia
5. Sila Ketiga
Pancasila
A. Makna lambang atau
simbol sila ketiga itu yaitu pohon beringin, sulur akar pohon beringin
melambangkan suku yang ada di Indonesia, yang bernaung dalam satu pohon yang melambangkan Negara Indonesia.
B.
Nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila yaitu persatuan, gotong
royong, cinta tanah
air.
C.
Berikut contoh penerapan nilai-nilai sila ketiga
Pancasila.
a. Mencintai
produksi dalam negeri.
b. Menghargai
budaya daerah lain.
c. Menggunakan
bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
d. Memajukan
daerah demi meningkatkan budaya nasional
5. Beberapa
contoh sikap jujur dalam kehidupan sehari hari
a. Mengakui
kesalahan kapada ayah dan ibu
b. Menceritakan
masalah yang dihadapi kepada Bapak/Ibu Guru.
c. Bertanya
tentang materi yang belum dipahami kepada Bapak/Ibu Guru.
d. Mengerjakan
soal ulangan dengan kemampuan sendiri atau tidak mencontek.
e. Tidak
mengambil barang milik orang lain.
f. Tidak
berlaku curang dan sportif dalam bermain.
Muatan Bahasa
Indonesia 3.5
1. Penyampain informasi berdasarkan bacaan dapat ditulis
dalam beberapa bentuk seperti diagram venn, diagram kolom, dan diagram frayer.
2. Membuat diagram venn
3. Membuat diagram venn tentang nelayan tradisonal dan
nelayan modern
4. Menceritakan
proses pembuatan pensil berdasarkan bacaan dalam diagram kolom
Bacalah teks dengan membaca senyap!
Pensil
awalnya adalah sebuah alat tulis dan lukis yang terbuat dari grafit murni atau
karbon yang berasal dari alam. Sayangnya, grafit murni cenderung rapuh dan
mudah patah. Seiring perkembangan zaman, saat ini dibuat pensil yang merupakan
campuran dari grafit dan tanah liat. Proses pencampuran ini dibalut oleh media
kertas atau kayu. Cara membuat pensil saat ini adalah dengan menghancurkan
grafit dan tanah liat menjadi bentuk bubuk, kemudian dibakar selama kurang
lebih 3 hari. Setelah itu, pensil ini dibentuk panjang dan tipis serta dibungkus
kayu. Kayu yang telah ditebang untuk pembuatan pensil berasal dari pohon. Agar terjaga
kelestariannya, pohon yang ditebang harus diganti dengan menanam kembali bibit
baru dari tanaman sejenis. Selain itu, kita harus menghemat penggunaan pensil
sebagai salah satu cara menghargai lingkungan.
Sebelum menulis dalam bentuk kolom carilah kata-kata
kunci pada bacaan di atas, kemudian tulislah dalam bentuk kolom seperti di
bawah ini!
5. Diagram frayer adalah diagram yang mempermudah
penyampaian informasi.
6. Membuat diagram
frayer berdasarkan untuk menentukan sikap baik dilingkungan sekitar!:
7. Kejadian
atau peristiwa disebut alur. Kejadian tersebut merupakan rangkaian jalan cerita.
8. Unsur
penting dalam sebuah alur adalah peristiwa, konflik, dan klimaks. Unsur
tersebut akan membuat cerita rekaan menjadi padu.
9. Unsur
cerita meliputi intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik terdiri atas tokoh, latar, konflik,
alur, dan amanat. Unsur ekstrinsik terdiri atas bahasa dan gaya bahasa.
10. Unsur intrinsik yaitu :
a. Tokoh
adalah pelaku dalam cerita yang mengalami peristiwa. Tokoh dibedakan menjadi
tokoh utama dan sampingan.
b. Penokohan
adalah pelaku dan watak atau sifat tokoh dalam cerita. Watak dibagi menjadi dua
yaitu anatagonis dan protagonis.
c. Latar
adalah tempat terjadinya peristiwa dalam cerita.
d. Konflik adalah masalah yang ada dalam cerita.
e. Alur
adalah jalinan peristiwa dalam cerita.
f. Amanat
adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca.
11. Pendongeng
adalah orang yang menyampaikan dongeng kepada orang lain
12. Unsur dongeng dapat ditulis dalam peta pikiran seperti
contoh di bawah ini!
Muatan
IPA KD 3.8
1. Tiga
cara yang dapat dilakukan sebagai upaya pelestarian SDA
a. Penghematan,
adalah pemanfaatan sumber daya alam sesuai dengan kebutuhan.
b. Perlindungan,
adalah upaya pelindungan SDA agar tetap lestari dan tidak mengalami kepunahan.
c. Pemeliharaan,
adalah memelihara SDA yang ada agar lestari sehingga dapat digunakan hingga
generasi mendatang.
2. Upaya menjaga
keseimbangan alam dan kelestarian SDA yang dapat dilaksanakan di lingkungan
rumah sebagai berikut.
a. Menghemat
penggunaan air
b. Menghemat
penggunaan listrik
c. Menghemat
penggunaan bahan
bakar
d. Menghemat
kertas dan mendaur ulang kertas bekas
e. Menggurangi
penggunaan kantong plastik
f. Mengurangi
jumlah produksi sampah
g. Memisahkan
sampah sebelum di buang di tempat sampah
h. Menggunakan
bahan kimia di rumah tangga seperlunya.
3. Upaya menjaga
keseimbangan alam dan kelestarian SDA yang dapat dilaksanakan di lingkungan
masyarakat sebagai berikut :
a. Melakukan
penghijauan di lingkungan sekitar.
b. Melakukan
reboisasi hutan gundul.
c. Melakukan
reklamasi di lokasi bekas tambang.
4. Manfaat tananaman bakau
a.
Melindungi pantai dari
erosi dan abrasi.
b.
Menahan rembesan air
laut ke darat.
c.
Sebagai perangkap
zat-zat pencemar dan limbah industri.
d.
Menciptakan udara
pesisir yang bersih dan segar
e.
Menjadi habitat
alami berbagai biota darat dan laut
f.
Mengurangi dampak
bencana akibat gelombang laut, seperti badai dan gelombang pasang
5. Cara merawat SDA yang ada dilingkungan sekitar
a.
Sungai
·
tidak membuang
sampah/limbah ke sungai dan menjaga kebersihan sungai
·
tidak mandi, buang
air kecil/besar di sungai
·
tidak mencuci baju
di sungai
·
membuat daerah
resapan di pinggir sungai
·
tidak mendirikan
bangunan di pinggir sungai
·
mananam
bambu/tanaman keras dipinggir sungai untuk mencegah erosi
·
tidak melakukan
penambangan pasir
b.
Pantai
·
tidak membuang
sampah/limbah di pantai
·
membersihkan pantai
·
tidak menangkap
ikan dengan peledak
·
menanami tanaman
bakau di pinggir pantai
·
tidak melakukan
penambangan pasir
6. Teknologi
memberikan manfaat besar mengelola SDA. Teknologi yang digunakan terdiri atas
teknologi sederhana dan teknologi modern.
7. Penggunaan
teknologi juga menimbulkan dampak
negatif. Misalnya pengambilan ikan tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan
lingkungan, encemaran dari tumpahan bahan bakar kapal.
8. Teknologi
ramah lingkungan adalah teknologi yang diciptakan untuk mempermudah kehidupan
manusia, tetapi tidak meninmbulkan dapak negatif bagi lingkungan alam.
9. Sikap yang mencerminkan
menghargai sumber daya alam :
No
|
Contoh Sikap
|
Penjelasan
|
1
|
Mengambil nasi secukupnya
|
Apabila kita mengambil nasi berlebihan ketika makan,
maka saat kenyang nasi tersebut terbuang sia-sia.
|
2
|
Memisahkan sampah organik dan anorganik
|
Sampah organik dapat dijadikan pupuk dan sampah
anorganik dapat didaur ulang sehingga tidak mencemari lingkungan sumber daya
alam
|
3
|
Merawat tanaman di lingkungan sekitar
|
Menjaga keseimbangan dan kelestarian tumbuhan
|
4
|
Menghemat pensil
|
Menjaga kelestarian granit, tanah liat, dan pohon
|
5
|
Memanfaatkan barang-barang bekas
|
Dapat mendatangkan uang, juga dapat menjaga lingkungan dari pencemaran
yang berdampak buruk bagi kehidupan
|
10. Sumber Daya Alam
Hutan
a.
Manfaat hutan
1.
penghasil kayu
2.
sumber makanan
3.
sebagai paru-paru
dunia
4.
mencegah banjir dan
longsor
5.
sumber air bersih
6.
rumah bagi hewan
b.
Dampak hutan yang
gundul
persediaan oksigen menipis yang menyebabkan pemanasan
global
persediaan air bersih berkurang
sulit mencari sumber makanan
rusaknya habitat hewan
tumbuhan dan hewan akan punah
terjadi bencana longsor dan banjir
c. Cara melestarikan hutan
melakukan tebang pilih
reboisasi (penanaman hutan yang gundul)
menetapkan hutan sebagai taman nasional, cagar alam (tempat pelestarian tanaman
langka)
melakukan penghematan untuk penggunaan benda yang berasal
kayu
11. Limbah
merupakan sisa/buangan yang dihasilkan baik dari proses produksi maupun
kegiatan rumah tangga. Limbah
terbagi menjadi limbah padat dan limbah cair. Limbah padat yaitu
plastik, botol, kaleng, kain, kaca, dan potongan kayu. Limbah cair yaitu air
bekas cucian pakaian, air bekas mencuci beras, dan limbah cair pabrik
12. Secara
umum penanganan sampah dilakukan dengan prinsip 5R yaitu reduce, reuse, recyle,
replace, dan repair.
a. Reduce
adalah mengurangi penggunaan barang-barang yang menghasilkan sampah.
b. Reuse
adalah memakai kembali barang-barang yang telah digunakan.
c. Recycle
adalah mendaur ulang kembali barang-barang yan telah digunakan.
d. Replace
adalah mengganti barang sekali pakai dengan barang yang dapat dipakai
berkali-kali atau tahan lama.
e. Repair
adalah memperbaiki barang-barang rusak agar dapat digunakan kembali.
16. Pemanfaatan barang bekas :
No
|
Barang Bekas
|
Pemanfaatan
|
SDA yang terbantu penghematannya
|
1
|
Onderdil sepeda
dan sepeda motor
|
robot-robotan
|
biji besi
|
2
|
Botol plastik
|
kerajinan
|
minyak bumi
sebagai sumber energi pabrik plastik
|
3
|
perahu yang rusak
|
hiasan, gantungan
kunci, mainan
|
kayu
|
Muatan IPS KD 3.3
1. Pekerjaan
merupakan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan
manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup.
2. Tujuan orang bekerja :
·
memenuhi kebutuhan
hidup sendiri dan keluarga
·
mendapat pengalaman
·
dapat berinterasksi
dengan orang lain
·
untuk mendapat
pengakuan atas kemampuannya
·
mengejar
peningkatan karir dan jabatan
·
mencari modal usaha
3. Pekerja yang terlibat dalam lingkungan sekolah :
No
|
Jenis Pekerjaan
|
Kegiatan/Tugas yang dilakukan
|
1
|
Kepala Sekolah
|
Memimpin sekolah
|
2
|
Guru
|
Mengajar
|
3
|
Satpam
|
Menjaga keamanan
|
4
|
TU
|
Mengurus administrasi sekolah
|
5
|
Petugas Pelaksana
|
Membersihkan sekolah dan merawat tanaman
|
6
|
Pustakawan
|
Mengelola perpustakaan
|
4. Kegiatan ekonomi dan beberapa pekerja yang
terlibat :
No
|
Kegiatan Ekonomi
|
Pekerja yang Terlibat
|
1
|
Warung makan
|
Pelayan, kasir,
tukang masak (koki)
|
2
|
Minimarket
|
Pelayan, kasir, petugas kebersihan, sales
|
3
|
Penjual roti
|
Pelayan, kasir, tukang masak (koki), petugas kebersihan
|
4
|
Meubel
|
Tukang, kasir, pelayan, distributor, sales
|
5
|
Pabrik
|
Direktur, manajer, pekerja bagian
produksi, pekerja bagian distribusi, pekerja gudang, petugas kebersihan,
satpam
|
5. Kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan kegiatan nelayan :
Jenis Kegiatan
Ekonomi
|
Jenis barang yang dijualbelikan
|
Jenis
pekerjaan yang terlibat pada kegiatan tersebut
|
Hasil
dari setiap pekerjaan
|
Nelayan
menangkap ikan, Ikan di jual ke pengepul, pengepul menjual ke pengecer ikan,
ikan di jual oleh pengecer ke pembeli.
|
Ikan
|
Nelayan, Pedagang Ikan, Pengangkut Barang/distibutor, koki
|
· Nelayan
menghasilkan ikan (Barang)
· Pedagang ikan
memperoleh untung dari penjualan ikan (jasa)
· Tukang angkut
barang mendapat upah pengangkutan (jasa)
· Penjual ikan
memperoleh keuntungan dari hasil penjualannya (jasa)
· Koki mengolah
ikan menjadi makanan dan mendapat jasa
|
6. Kegiatan ekonomi
No
|
Jenis Kegiatan Ekonomi
|
Lapangan Pekerjaan
|
Hasil dari setiap pekerjaan
|
Penyebaran Barang
|
1
|
Jual beli meubel
|
pengusaha, tukang kayu, penjual, distributor, sales,
eksportir
|
·
pengusaha =
keuntungan dari usaha yang dilakukan
·
tukang kayu
= upah
·
penjual =
keuntungan dari hasil penjualan meubel
·
distibuor=jasa
pengiriman barang
·
sales = jasa
penawaran barang
·
eksportir=keuntungan
dari penjualan ke luar negeri
|
rumah makan, sekolah, perkantoran, ekspor, konsumen,
tempat ibadat, tempat wisata
|
7. Ada
dua jenis pekerjaan, yaitu pekerjaan yang menghasilkan barang serta pekerjaan
yang menghasilkan jasa
8. Pekerjaan
yang menghasilkan barang misalnya :
No
|
Pekerjaan
|
Barang yang Dihasilkan
|
1
|
Tukang kayu
|
Lemari, kursi, kerajinan
|
2
|
Penjahit
|
Baju
|
3
|
Arsitek
|
Rumah
|
4
|
Koki
|
Makanan
|
5
|
Nelayan
|
Ikan
|
6
|
Petani
|
Bahan Pangan
|
9. Pekerjaan
yang menghasilkan jasa :
No
|
Pekerjaan
|
Barang yang Dihasilkan
|
1
|
Supir
|
Mengendarai kendaraan
|
2
|
Kurir
|
Mengantar barang
|
3
|
Pengasuh
|
Mengasuh anak
|
4
|
Montir
|
Memperbaiki kendaraan
|
5
|
Guru
|
Mengajar
|
6
|
Dokter
|
Mengobati pasien
|
10. Pekerjaan
yang memerlukan keahlian khusus disebut profesi.
11. Jenis barang yang
dihasilkan dari setiap pekerjaan dan jenis sumber daya alam yang digunakan
No
|
Pekerjaan
|
Barang yang Dihasilkan
|
Bahan Asal
|
SDA yang Digunakan
|
1
|
Meubel |
meja
|
kayu
|
pohon
|
2
|
Peternak sapi susu |
keju, susu kental manis, susu bubuk, susu cair
|
sapi
|
Sapi
|
3
|
Penambang batu |
batu koral
|
batu
|
batu
|
4
|
Petani jagung |
jagung
|
buah jagung
|
tanaman jagung
|
5
|
nelayan |
ikan asap, ikan asin
|
ikan
|
laut dan ikan
|
12. Kegiatan
ekonomi mencangkup tiga kegiatan berikut
a. Kegiatan
ekonomi produksi. Pelaku kegiatan ekonomi disebut produsen
b. Kegiatan
ekonomi distribusi. Pelaku ekonomi distribusi disebut distributor
c. Kegiatan
ekonomi konsumsi. Pelaku ekonomi konsumsi disebut konsumen.
13. Kegiatan ekonomi pengerajin kayu
Pohon di hutan
ditebang oleh penebang kayu, kemudia dikirim ke agen kayu untuk dibeli oleh
pengerajin kayu. Pengerajin kayu membuat meubel kemudian menyetor hasil meubel
ke toko meubel. Toko meubel menjual kepada konsumen. Pengerajin kayu juga dapat
mengirim langsung ke konsumen.
14. Kegiatan ekonomi pembuatan kain dan baju
a.
Teknologi yang
digunakan untuk memproses pembuatan kain dan bajuadalah alat pemintal kapas,
alat penenun, mesin jahit, mesin obras.
b.
Proses pembuatan
kain dan baju
Penanaman pohon kapas oleh petani, pemanenan bunga kapas,
pengiriman bunga kapas pada industri kain, pemintalan kapas menjadi benang, penenunan benang menjadi kain,
penjualan kain oleh toko penjual kain kepada konsumen atau pengiriman kain
kepada industri konveksi, pembuatan baju, pengiriman baju ke toko penjual baju
atau langsung ke konsumen, toko penjual baju menjual baju kepada konsumen
Muatan SBdP 3.1
1. Menggambar
bentuk adalah kegiatan merekam bentuk diatas bidang datar (dua dimensi) melalui
media secara tepat.
2. Objek
gambar dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu bentuk geometris dan non
geometris.
3. Bentuk
geometris adalah objek yang mempunyai bentuk beraturan, misalnya lemari, kursi,
meja, dan bangunan rumah.
4. Bentuk
nongeometris adalah objek bentuk yang tidak beraturan, misalnya bongkahan batu,
api, dan sayur-sayuran.
5. Prinsip dalam seni rupa.
a. Prespektif.
Prespektif merupakan prinsip penting dalam membentuk gambar. Gambar dengan
hukum prespektif berarti gambar yang dekat kelihatan besar atau sebaliknya.
b. Proporsi,
yang dimaksud dengan prinsip proposi dalam menggambar bentuk adalah
kesebandingan, keseimbangan, atau kesesuaian bentuk dalam ukuran suatu benda antara
bagian yang lsatu dengan yang lain
c. Komposisi,
komposisi dalam menggambar bentuk dapat diartikan susunan atau letak objek
benda.
d. Gelap
terang, benda akan terlihat jika terkena cahaya. Benda yang tidak terkena
cahaya tampak terang. Sebaliknya, bagian benda yang tidak terkena cahaya tampak
gelap.
e. Bayang-bayang,
dalam menggambar bentuk peranan bayang-bayang sangat menentukan untuk
terciptanya kesan tiga dimensi.
6. Menggambar
model merupakan kegiatan menggambar yang diawali dengan menentukan objek yang
akan digambar. Objek gambar dapat berupa manusia atau tumbuh-tumbuhan.
7.
Hal yang perlu
diperhatikan dalam menggambar :
a.
Menggambar sesuai
dengan daya cipta masing-masing (ide orisinal).
b.
Menggambar sesuai
dengan tema yang disajikan.
c.
Menggambar bentuk
dengan kreatif.
d.
Mewarnai gambar
dengan memperhatikan komposisi warna dan kerapian.
e.
Cara menggunakan
alat dan bahan dengan sesuai.
8.
Dalam membuat
narasi berdasarkan gambar, perlu dicermati maksud dari gambar, agar narasi yang
dibuat sesuai dengan maksud gambar, sehingga penikmat gambar dapat memahami
maksud dari gambar.
Kunci jawaban tema 4 kelas 4 halaman 19-20
BalasHapusCara mendownloadnya gimana
BalasHapusTaik👎😭
HapusAKU BINGUNG GIMANA CARA NGAFALIN NYA BU
BalasHapusJazakumulloh akhsanal jaza
BalasHapusMaksudnya
HapusGak ngerti deh
BalasHapusWah ini gampang banget
BalasHapusterima kasih, sangat membantu untuk masa pandemi ini
BalasHapussangat membantu anak saya ...terima kasih banyak. semoga makin berkah
BalasHapusWah ini membantu sekalih buat say yang masih kelas 4
BalasHapuscara downloadnya gimana ini
BalasHapusterma kasih infonya yang sangat berguna untk saya danguru lain diseluruuh wilayah nkri
BalasHapusKunci jawabannya ku kurang paham
BalasHapusAku tau cara download nya
BalasHapusTeken terus yang mau di download
Hah😭✨
Hapusnjirr banyak amat aku susah ngeringkesnya buuu!!!!
BalasHapusTerima kasih 🙏
BalasHapusTerima kasih
BalasHapusMakasih
BalasHapusTerima kasih
BalasHapusBanyak Banget Tapi Sangat Membantu
BalasHapus