RANGKUMAN TEMA 3 ST 2 KELAS 4
RANGKUMAN TEMA 3 SUBTEMA 2 KELAS 4
Muatan
Bahasa Indonesia
1. Daftar
pertanyaan yang disusun dapat menggunakan kata tanya ADIK SIMBAB (Apa, Dimana,
Kapan, Siapa, Mengapa, Bagaimana dan Berapa)
2. Daftar
pertanyaan yang disusun harus menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
3. Format
menulis laporan hasil wawancara
·
Latar Belakang
Melakukan alasan melakukan wawancara
·
Maksud dan Tujuan
Menuliskan maksud dan tujuan dilakukan wawancara
·
Topik Wawancara
Menuliskan topik wawancara untuk membatasi
pembicaraan agar tidak melebar.
·
Waktu dan Tempat
Kegiatan
Menuliskan waktu dan tempat wawancara
·
Laporan Hasil Wawancara
Menuliskan narasumber, pewawancara, dan hasil
wawancar.
·
Kesimpulan
Menuliskan kesimpulan hasil wawancara.
4. Kosakata
baku adalah kata yang sesuai dengan kaidah yang telah ditentukan. Kata tidak
baku adalah kata yang tidak sesuai dengan kaidah.
5. Kalimat
efektif adalah kalimat sesuai dengan kaidah, ejaan, atau tanda baca. Kalimat
efektif akan mudah dipahami oleh pembaca dan pendengar.
Muatan
IPA
1. Hewan
tergolong sumberdaya alam hayati yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan
hidup manusia.
2. Hewan
berfungsi sebagai sumber bahan pangan, membentu kegiatan manusia, sebagai
sarana olahraga, dan sebagai sarana hiburan manusia.
3. Hewan
memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan alam. Setiap jenis
hewan mempunyai peran sesuai dengan lingkungan hidupnya.
4. Contoh
keseimbangan lingkungan sawah terdapat, ulat, tikus, burung gelatik, dan ular.
5. Kupu-kupu
memiliki daur hidup yang unik. Kupu-kupu telur larva (ulat) kepompong kupu-kupu
6. Kupu-kupu
membantu penyerbukan tanaman yang dibudidayakan manusia. Oleh karena itu
keberadaan kupu-kupu di alam harus dijaga dan dilestarikan agar tidak punah.
7. Beberapa
jenis hewan yang dipilih sebagai fauna identitas provinsi di Indonesia.
a. Burung
cendrawasih 12 kawat menjadi fauna identitas Papua.
b. Badak
jawa menjadi fauna identitas Banten.
c. Burung
jalak bali menjadi fauna identitas Bali.
d. Burung
kepodang emas menjadi fauna identitas Jawa Tengah.
8. Fauna
identitas adalah hewan yang dipilih sebagai lambang suatu daerah. Hewan yang dipilih sebagai fauna identitas
merupakan hewan endemik dan langka.
9. Endemik
artinya hanya ditemukan didaerah tersebut.
10. Untuk
melestarikan hewan dilakukan dengan membuat kawasan konservasi seperti taman
nasional dan suaka margasatwa.
11. Hewan
buas berkeliaran dipemukiman penduduk mencari makan, adalah sebab dari
habitatnyang semakin sempit akibat ulah manusia menebangi hutan liar secara tidak
bertanggung jawab.
12. Berikut
beberapa contoh hewan dan habitatnya di Indonesia.
a. Badak
bercula satu, habitat hewan ini adalah di hutan Sumatra dan Jawa. Untuk
mencagah kepunahan hewan ini dilindungi di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten.
b. Harimau
sumatra tinggal di hutan-hutan sumatra. Hewan ini sering menyerang ternak
penduduk karena habitatnya mengalami kerusakan.
c. Orangutan
merupakan jenis kera asli Indonesia. Habitatnya adalah hutan di Kalimantan dan
Sumatra.
d. Anoa
mirip dengan sapi tetapi berukuran kecil. Hewan ini hanya terdapat di Sulawesi.
Untuk mencegah kepunahan hewan ini dilindungi di Taman Nasional Lore Lindu.
e. Komodo
merupakan fauna khas Indonesia dan hanya terdapat di Pulau Komodo. Untuk
menjaga kelestariannya, hewan ini dilindingi di Taman Nasional Pulau Komodo.
13. Tubuh
hewan terdiri atas kepala, perut, kaki,
ekor, dan alat indra seperti mata, hidung, dan telinga.
14. Setiap
hewan mempunyai bentuk luar tubuh (morfologi) yang berbeda.
15. Hewan
berkembang biak dengan cara bertelur, beranak, serta bertelur dan beranak.
16. Contoh
hewan beranak yaitu sapi, kambing, harimau, rusa, ikan hiu, dan paus. Hewan
beranak disebut mamalia
17. Contoh
hewan yang bertelur yaitu ayam, itik,
burung, katak, ikan, dan semut.
18. Contoh
hewan yang bertelur dan beranak yaitu ular.
19. Kelestarian
hewan terganggu oleh kegiatan manusia yang tidak bijaksana seperti pembalakan
liar dan perburuan liar.
20. Untuk
menjaga kelestarian hewan dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti
menghentikan pembalakan dan perburuan liar, melakukan penghijauan (reboisasi),
serta membuat kawasan konservasi untuk menjaga, melindungi dan melestarikan
hewan.
21. Berikut
ini beberapa contoh hewan dan karakteristik tempat hidupnya.
a. Sapi
merupakan salahsatu hewan diternakkan untuk dimanfaatkan daging dan kulitnya
serta susunya. Sapi dapat hidup di dataran rendah yang panas atau dataran
tinggi yang sejuk
b. Kambing
diternakkan untuk diambil daging dan kulitnya ada juga yang diambil susunya.
Kambing yang dapat diambil susunya adalah jenis peranakan etawa (PE). Kambing
dibudidayakan di dataran rendah dan tinggi.
c. Ayam
merupakan hewan ternak jenis unggas. Karakteristik hidup ayam adalah didataran
rendah yang kering. Ayam diternakkan untuk diambil daging dan terlurnya.
d. Itik
juga termasuk hewan unggas. Hewan ini dibudidayakan sebagai hewan ternak untuk
diambil telur dan dagingnya. Berbeda dengan ayam, itik menyukai tempat yang
basah atau berlumpur.
e. Ikan
merupakan hewan air. Ikan dibedakan menjadi ikan air tawar dan ikan laut. Ikan
air tawar misalnya ikan nila, lele, belut, gurame, ikan mas, dan ikan gabus.
Ikan laut misalnya ikan tuna, tongkol, kerapu, teri, dan tenggiri.
f. Cicak
merupahan hewan yang merayap didinding karena memiliki perekat ditelapak
kakinya, cicak memiliki lidah yang panjang dan lengket sehingga dapat menangpat
serangga. Memiliki ukuran tubug 7 hingga 10cm. cicak dapat memutuskan ekornya
untuk melindungi diri.
g. Kelelawar
hidup ditempat yang gelap, seperti atap
rumah dan gua. Kelelawar mengeluarkan suara dengan frekuensi tinggi,
selain itu kelelawar memiliki pendengaran yang baik dan eka terhadapmenerima
bunyi pantulan. Kelelawar adalah hewan nokyurnal karena melakukan kegiatan
dimalam hari.
Muatan
PKn
1. Dampak
yang akan terjadi jika masyarakat tidak melaksanakan hak dan kewajiban secara
bijaksana secara bijak terhadap hewan yaitu hewan buas berkeliaran dipemukiman
penduduk ingin mencari makan,hewan kecil mencari makan ditempat yang bukan
habitatnya.
2. Tindakan
sederhana yang dapat dilakukan terhadap hewan piaraan dirumah
a. Memberi
tempat berlindung
b. Memberi
makan yang cukup
c. Menjaga
kesehatan
3. Manfaat
bersikap bijak terhadap hewan antara lain sebagai berikut
a. Hewan-hewan
langkah tidak punah
b. Lingkungan
masyarakat menjadi aman dan tenang
c. Mandatangkan
keuntungan.
4. Upaya
yang telah dilakukan pemerintah untuk melaksanakan kewajiban melindungi dan
melestarikan hewan langka antara lain dengan cara berikut.
a. Melakukan
penangkaran hewan langka
b. Mendirikan
tempat-tempat perlindungan hewan langka, misal: suaka margasatwa, cagar alam,
kebun binatang, dan taman nasional.
5. Manfaat
melindungi dan melestarikan hewan langkah.
a. Menjaga
keseimbangan ekosistem agar kehidupan di muka bumi tetap berjalan dengan baik.
b. Melestarikan
keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat.
c. Memenuhi
kebutuhan masyarakat, misalnya untuk bahan pangan dan obat-obatan.
6. Sebagai
peserta didik dapat ikut serta melestarikan dan melindungi hewan langka dengan
cara sebagai berikut.
a. Memahami
pentingnya hewan langka bagi alam dan manusia
b. Berbagi
informasi kepada teman dan keluarga tentang keindahan dan manfaat hewan langka.
c. Mengunjungi
tenaga pelestarian satwa langka seperti taman nasional, suaka margasatwa, cagar
alam, dan kebun binatang.
d. Menghindari
pemakaian produk yang terbuat dari spesies atau hewan langka yang terancam
punah.
e. Melaporkan
kepada pihak yang berwajib jika mengetahui adanya perburuan liar.
Muatan
SBdP
1. Mozaik
merupakan gambar atau lukisan yang dibuat menggunakan material atau kepingan
kepingan yang sengaja dibuat dan ditempel pada bidang datar.
2. Bahan-bahan
yang bisa digunakan untuk mozaik antara lain kertas tebal, biji-bijian, daun,
kepingan kaca, atau pecahan keramik.
3. Berikut
langkah-langkah membuat mozaik
a. Menyiapkan
alat dan bahan
b. Menempel
biji-bijian pada pola yang sudah disiapkan
c. Penyempurnaan
mozaik
d. Hasil
jadi
Muatan
Bahasa Indonesia
1. Ciri-ciri
pertanyaan yang baik adalah sebagai berikut
a. Kalimat
tanya harus sesuai topik yang dibahas
b. Kalimat
tanya diawali dengan kata tanya ADIK SIMBA
c. Kalimat
tanya selalu diakhiri tanda baca tanya (?)
d. Kalimat
tanya bersifat menggali lebih banyak informasi
e. Pertanyaan
fokus atau tepat sasaran
f. Terdapat
hubungan berkesinambungan antarpertanyaan
g. Pertanyaan
menggunakan bahasa yang benar
2. Berikut
contoh format laporan wawancara
I.
Latar Belakang
Melakukan alasan melakukan wawancara
II.
Maksud dan Tujuan
Menuliskan maksud dan tujuan dilakukan wawancara
Menuliskan topik wawancara untuk membatasi pembicaraan
agar tidak melebar.
IV.
Waktu dan Tempat
Kegiatan
Menuliskan waktu dan tempat wawancara
V.
Laporan Hasil Wawancara
Menuliskan
narasumber, pewawancara, dan hasil wawancara.
Muatan
SBdP
1. Sebuah
karya seni dikatakan baik jika memiliki kriteria sebagai berikut.
a. Ide
atau gagasan, karya seni yang baik harus menampilkan suatu gagasan baru.
b. Kreativitas,
kemampuan seseorang mengolah apa yang sudah ada menjadi sesuatu yang baru dan
memiliki seni tinggi.
c. Gaya
perseorangan, karya seorang yang berbeda dengan orang lain.
d. Teknik
dan representasi, seseorang mampu memilih dan mengolah bahan secara tepat
sehingga menghasilkan karya seni yang bagus secara keseluruhan.
2. Proses
mengapresiasi yaitu melihat karya, merasakan, berempati, lalu muncul pendapat
pribadi untuk menyebutkan kelebihan dan kekurangan, selanjutnya menilai.
Komentar
Posting Komentar