RANGKUMAN TEMA 3 ST 2 KELAS 4


RANGKUMAN TEMA 3 SUBTEMA 2 KELAS 4
Muatan Bahasa Indonesia
1.      Daftar pertanyaan yang disusun dapat menggunakan kata tanya ADIK SIMBAB (Apa, Dimana, Kapan, Siapa, Mengapa, Bagaimana dan Berapa)
2.      Daftar pertanyaan yang disusun harus menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
3.      Format menulis laporan hasil wawancara
·         Latar Belakang
Melakukan alasan melakukan wawancara
·         Maksud dan Tujuan
Menuliskan maksud dan tujuan dilakukan wawancara
·         Topik Wawancara
Menuliskan topik wawancara untuk membatasi pembicaraan agar tidak melebar.
·         Waktu dan Tempat Kegiatan
Menuliskan waktu dan tempat wawancara
·         Laporan Hasil Wawancara
Menuliskan narasumber, pewawancara, dan hasil wawancar.
·         Kesimpulan
Menuliskan kesimpulan hasil wawancara.
4.      Kosakata baku adalah kata yang sesuai dengan kaidah yang telah ditentukan. Kata tidak baku adalah kata yang tidak sesuai dengan kaidah.
5.      Kalimat efektif adalah kalimat sesuai dengan kaidah, ejaan, atau tanda baca. Kalimat efektif akan mudah dipahami oleh pembaca dan pendengar.
Muatan IPA
1.      Hewan tergolong sumberdaya alam hayati yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.
2.      Hewan berfungsi sebagai sumber bahan pangan, membentu kegiatan manusia, sebagai sarana olahraga, dan sebagai sarana hiburan manusia.
3.      Hewan memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan alam. Setiap jenis hewan mempunyai peran sesuai dengan lingkungan hidupnya.
4.      Contoh keseimbangan lingkungan sawah terdapat, ulat, tikus, burung gelatik, dan ular.
5.      Kupu-kupu memiliki daur hidup yang unik. Kupu-kupu          telur         larva (ulat)         kepompong         kupu-kupu
6.      Kupu-kupu membantu penyerbukan tanaman yang dibudidayakan manusia. Oleh karena itu keberadaan kupu-kupu di alam harus dijaga dan dilestarikan agar tidak punah.
7.      Beberapa jenis hewan yang dipilih sebagai fauna identitas provinsi di Indonesia.
a.       Burung cendrawasih 12 kawat menjadi fauna identitas Papua.
b.      Badak jawa menjadi fauna identitas Banten.
c.       Burung jalak bali menjadi fauna identitas Bali.
d.      Burung kepodang emas menjadi fauna identitas Jawa Tengah.
8.      Fauna identitas adalah hewan yang dipilih sebagai lambang suatu daerah. Hewan  yang dipilih sebagai fauna identitas merupakan hewan endemik dan langka.
9.      Endemik artinya hanya ditemukan didaerah tersebut.
10.  Untuk melestarikan hewan dilakukan dengan membuat kawasan konservasi seperti taman nasional dan suaka margasatwa.
11.  Hewan buas berkeliaran dipemukiman penduduk mencari makan, adalah sebab dari habitatnyang semakin sempit akibat ulah manusia menebangi hutan liar secara tidak bertanggung jawab.
12.  Berikut beberapa contoh hewan dan habitatnya di Indonesia.
a.       Badak bercula satu, habitat hewan ini adalah di hutan Sumatra dan Jawa. Untuk mencagah kepunahan hewan ini dilindungi di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten.
b.      Harimau sumatra tinggal di hutan-hutan sumatra. Hewan ini sering menyerang ternak penduduk karena habitatnya mengalami kerusakan.
c.       Orangutan merupakan jenis kera asli Indonesia. Habitatnya adalah hutan di Kalimantan dan Sumatra.
d.      Anoa mirip dengan sapi tetapi berukuran kecil. Hewan ini hanya terdapat di Sulawesi. Untuk mencegah kepunahan hewan ini dilindungi di Taman Nasional Lore Lindu.
e.       Komodo merupakan fauna khas Indonesia dan hanya terdapat di Pulau Komodo. Untuk menjaga kelestariannya, hewan ini dilindingi di Taman Nasional Pulau Komodo.
13.  Tubuh hewan terdiri atas  kepala, perut, kaki, ekor, dan alat indra seperti mata, hidung, dan telinga.
14.  Setiap hewan mempunyai bentuk luar tubuh (morfologi) yang berbeda.
15.  Hewan berkembang biak dengan cara bertelur, beranak, serta bertelur dan beranak.
16.  Contoh hewan beranak yaitu sapi, kambing, harimau, rusa, ikan hiu, dan paus. Hewan beranak disebut mamalia
17.  Contoh hewan  yang bertelur yaitu ayam, itik, burung, katak, ikan, dan semut.
18.  Contoh hewan yang bertelur dan beranak yaitu ular.
19.  Kelestarian hewan terganggu oleh kegiatan manusia yang tidak bijaksana seperti pembalakan liar dan perburuan liar.
20.  Untuk menjaga kelestarian hewan dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti menghentikan pembalakan dan perburuan liar, melakukan penghijauan (reboisasi), serta membuat kawasan konservasi untuk menjaga, melindungi dan melestarikan hewan.
21.  Berikut ini beberapa contoh hewan dan karakteristik tempat hidupnya.
a.       Sapi merupakan salahsatu hewan diternakkan untuk dimanfaatkan daging dan kulitnya serta susunya. Sapi dapat hidup di dataran rendah yang panas atau dataran tinggi yang sejuk
b.      Kambing diternakkan untuk diambil daging dan kulitnya ada juga yang diambil susunya. Kambing yang dapat diambil susunya adalah jenis peranakan etawa (PE). Kambing dibudidayakan di dataran rendah dan tinggi.
c.       Ayam merupakan hewan ternak jenis unggas. Karakteristik hidup ayam adalah didataran rendah yang kering. Ayam diternakkan untuk diambil daging dan terlurnya.
d.      Itik juga termasuk hewan unggas. Hewan ini dibudidayakan sebagai hewan ternak untuk diambil telur dan dagingnya. Berbeda dengan ayam, itik menyukai tempat yang basah atau berlumpur.
e.       Ikan merupakan hewan air. Ikan dibedakan menjadi ikan air tawar dan ikan laut. Ikan air tawar misalnya ikan nila, lele, belut, gurame, ikan mas, dan ikan gabus. Ikan laut misalnya ikan tuna, tongkol, kerapu, teri, dan tenggiri.
f.       Cicak merupahan hewan yang merayap didinding karena memiliki perekat ditelapak kakinya, cicak memiliki lidah yang panjang dan lengket sehingga dapat menangpat serangga. Memiliki ukuran tubug 7 hingga 10cm. cicak dapat memutuskan ekornya untuk melindungi diri.
g.      Kelelawar hidup ditempat yang gelap, seperti atap  rumah dan gua. Kelelawar mengeluarkan suara dengan frekuensi tinggi, selain itu kelelawar memiliki pendengaran yang baik dan eka terhadapmenerima bunyi pantulan. Kelelawar adalah hewan nokyurnal karena melakukan kegiatan
 dimalam hari.



Muatan PKn
1.      Dampak yang akan terjadi jika masyarakat tidak melaksanakan hak dan kewajiban secara bijaksana secara bijak terhadap hewan yaitu hewan buas berkeliaran dipemukiman penduduk ingin mencari makan,hewan kecil mencari makan ditempat yang bukan habitatnya.
2.      Tindakan sederhana yang dapat dilakukan terhadap hewan piaraan dirumah
a.       Memberi tempat berlindung
b.      Memberi makan yang cukup
c.       Menjaga kesehatan
3.      Manfaat bersikap bijak terhadap hewan antara lain sebagai berikut
a.       Hewan-hewan langkah tidak punah
b.      Lingkungan masyarakat menjadi aman dan tenang
c.       Mandatangkan keuntungan.
4.      Upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk melaksanakan kewajiban melindungi dan melestarikan hewan langka antara lain dengan cara berikut.
a.       Melakukan penangkaran hewan langka
b.      Mendirikan tempat-tempat perlindungan hewan langka, misal: suaka margasatwa, cagar alam, kebun binatang, dan taman nasional.
5.      Manfaat melindungi dan melestarikan hewan langkah.
a.       Menjaga keseimbangan ekosistem agar kehidupan di muka bumi tetap berjalan dengan baik.
b.      Melestarikan keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat.
c.       Memenuhi kebutuhan masyarakat, misalnya untuk bahan pangan dan obat-obatan.
6.      Sebagai peserta didik dapat ikut serta melestarikan dan melindungi hewan langka dengan cara sebagai berikut.
a.       Memahami pentingnya hewan langka bagi alam dan manusia
b.      Berbagi informasi kepada teman dan keluarga tentang keindahan dan manfaat hewan langka.
c.       Mengunjungi tenaga pelestarian satwa langka seperti taman nasional, suaka margasatwa, cagar alam, dan kebun binatang.
d.      Menghindari pemakaian produk yang terbuat dari spesies atau hewan langka yang terancam punah.
e.       Melaporkan kepada pihak yang berwajib jika mengetahui adanya perburuan liar.

Muatan SBdP
1.      Mozaik merupakan gambar atau lukisan yang dibuat menggunakan material atau kepingan kepingan yang sengaja dibuat dan ditempel pada bidang datar.
2.      Bahan-bahan yang bisa digunakan untuk mozaik antara lain kertas tebal, biji-bijian, daun, kepingan kaca, atau pecahan keramik.
3.      Berikut langkah-langkah membuat mozaik
a.       Menyiapkan alat dan bahan
b.      Menempel biji-bijian pada pola yang sudah disiapkan
c.       Penyempurnaan mozaik
d.      Hasil jadi
Muatan Bahasa Indonesia
1.      Ciri-ciri pertanyaan yang baik adalah sebagai berikut
a.       Kalimat tanya harus sesuai topik yang dibahas
b.      Kalimat tanya diawali dengan kata tanya ADIK SIMBA
c.       Kalimat tanya selalu diakhiri tanda baca tanya (?)
d.      Kalimat tanya bersifat menggali lebih banyak informasi
e.       Pertanyaan fokus atau tepat sasaran
f.       Terdapat hubungan berkesinambungan antarpertanyaan
g.      Pertanyaan menggunakan bahasa yang benar
2.      Berikut contoh format laporan wawancara
                               I.            Latar Belakang
Melakukan alasan melakukan wawancara
                            II.            Maksud dan Tujuan
Menuliskan maksud dan tujuan dilakukan wawancara
                         III.            Topik Wawancara
Menuliskan topik wawancara untuk membatasi pembicaraan agar tidak melebar.
                         IV.            Waktu dan Tempat Kegiatan
Menuliskan waktu dan tempat wawancara
                            V.            Laporan Hasil Wawancara
Menuliskan narasumber, pewawancara, dan hasil wawancara.

Muatan SBdP
1.      Sebuah karya seni dikatakan baik jika memiliki kriteria sebagai berikut.
a.       Ide atau gagasan, karya seni yang baik harus menampilkan suatu gagasan baru.
b.      Kreativitas, kemampuan seseorang mengolah apa yang sudah ada menjadi sesuatu yang baru dan memiliki seni tinggi.
c.       Gaya perseorangan, karya seorang yang berbeda dengan orang lain.
d.      Teknik dan representasi, seseorang mampu memilih dan mengolah bahan secara tepat sehingga menghasilkan karya seni yang bagus secara keseluruhan.
2.      Proses mengapresiasi yaitu melihat karya, merasakan, berempati, lalu muncul pendapat pribadi untuk menyebutkan kelebihan dan kekurangan, selanjutnya menilai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Tema 4 Kelas 4