Rangkuman Tema 3 Subtema 3 Kelas 4
Muatan
Bahasa Indonesia
1. Laporan
hasil wawancara
I.
Latar Belakang
Melakukan alasan
melakukan wawancara
II.
Maksud dan Tujuan
Menuliskan
maksud dan tujuan dilakukan wawancara
III.
Topik Wawancara
Menuliskan topik
wawancara untuk membatasi pembicaraan agar tidak melebar.
IV.
Waktu dan Tempat
Kegiatan
Menuliskan waktu
dan tempat wawancara
V.
Laporan Hasil Wawancara
Menuliskan
narasumber, pewawancara, dan hasil wawancar.
VI.
Kesimpulan
Menuliskan
kesimpulan hasil wawancara.
2. Penulisan
Huruf Kapital
a.
Huruf kapital dipakai sebagai
huruf pertama unsur nama orang, termasuk julukan
b.
Huruf kapital dipakai
pada awal kalimat dalam petikan langsung
c.
Huruf kapital dipakai
sebagai huruf pertama setiap kata nama agama, kitab suci, dan Tuhan, termasuk
sebutan dangan kata ganti untuk Tuhan.
d.
Huruf kapital dipakai
sebagai huruf pertama nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa.
3. Tanda
Baca Titik (.) dan Koma (,)
a.
Tanda Titik
1)
Tanda titik dipakai
dibelakang angka atau huruf dalam suatu bagan, ikhtisar, atau daftar.
2)
Tanda titik dipakai
untuk memisahkan angka jang, menit, dan detik yang menunjukkan waktu atau
jangka waktu.
b.
Tanda Koma
1)
Tanda koma dipakai
diantara unsur-unsur dalam suatu pemerincian atau pembilangan.
2)
Tanda koma dipakai
dibelakang kata atau ungkapan penghubung antar kalimat, seperti oleh katena
itu, jadi, dengan demikian, sehubungan dengan itu, dan meskipun demikian.
4. Pendapat
merupakan opini atau gagasan yang dikemukakan oleh seseorang.
5. Berikut
beberapa cara mengemukakan pendapat
a.
Memahami masalah yang
ada dengan seksama.
b.
Menyampaikan pendapat,
gagasan, atau opini terhadap masalah yang ada.
c.
Menyampaikan pendapat
tanpa menyinggung perasaan orang lain.
d.
Pendapat yang
disampaikan dapat berupa solusi atau pemecahan masalah.
6. Laporan
pengamatan merupakan laporan yang disusun berdasarkan pengamatan terhadap
sebuah objek.
7. Objek
pengamatan dapat berupa sekolah, sungai, hutan, atau tanaman.
8. Presentasi
merupakan kegiatan penyampaian hasil wawancara, penelitian, atau pengamatan
secara lisan dalam suatu forum seperti diskusi.
9. Berikut
cara mempresentasikan hasil wawancara.
a.
Memahami hasil
wawancara dengan seksama.
b.
Mencatat popok-pokok
hasil wawancara.
c.
Mempresentasikan hasil
wawancara dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
d.
Memberikan kesempatan
kepada pendengar untuk memberi masukan terhadap hasil wawancaranya.
10. Pokok-pokok
hasil wawancara yang dapat kamu presentasikan sebagai berikut.
a.
Latar belakang
melakukan wawancara.
b.
Topik wawancara
c.
Tujuan wawancara.
d.
Orang yang diwawancarai
(narasumber)
e.
Waktu dan tempat
kegiatan wawancara dilakukan.
f.
Hasil wawancara.
g. Kesimpulan
wawancara.
Muatan
IPS
1. Sumber
daya alam hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup,
meliputi hewan dan tumbuhan.
2. Bentuk
pemanfaatan sumberdaya alam hayati sebagai berikut.
a.
Pertanian merupakan salah
satu kegiatan pemanfaatan sumberdaya alam hayati berupa tumbuhan untuk
menghasilkan bahan pangan.
b.
Perkebunan merupakan
kegiatan yang mengusahakan tanaman tertentu ditunjang dengan ilmu pengetahuan
untuk menghasilkan komoditas perdagangan.
c.
Kehutanan merupakan
kegiatan mengelola, memanfaatkan, dan melestarikan hutan untuk kepentingan
manusia.
d.
Peternakan adalah
kegiatan mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan
mafaat. Peternakan dibedakan menjadi tiga yaitu peternakan hewan besar,
peternakan hewan kecil, dan peternakan unggas.
e.
Perikanan adalah
kegiatan manusia yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumber
daya hayati perairan. Berdasarkan kegiatannya, perikanan dibedakan menjadi dua,
yaitu perikanan budi daya dan perikanan tangkap.
3. Sumber
daya alam harus dimanfaatkan secara bijaksana. Artinya, dalam pemanfaatannya
sumber daya
alam tersebut harus diperhatikan juga upaya pelestariannya.
4. Sistem
terasiring atau sengkedan dibuat di daerah dengan bentuk
lahan miring. Tujuan sistem terasiring adalah untuk mencegah erosi.
5. Sistem
terasiring merupakan salahsatu contoh pemanfaatan sumber daya alam dengan tetap
memperhatikan kelestariannya.
6. Berikut
ini beberapa kegiatan pemanfaatan sumberdaya alam yang disertai usaha
pelestarian.
a.
Sistem tebang pilih
dalam pemanfaatan hutan.
b.
Penanaman kembali hutan
yang gundul.
c.
Menangkap ikan dengan
menjaga habitanyta.
d.
Melakukan usaha
penangkaran hewan dan tumbuhan.
e. Membuat
varietas unggul untuk meningkatkan keragaman jenis hewan dan tumbuhan.
Muatan
IPA
1. Kegiatan
manusian yang menjadi penyebab kepunahan yaitu pembalakan liar, perburuan liar,
dan ahli fungsi lahan. Kegiatan alih
fungsi lahan yaitu pembukaan hutan untuk lahan perkebunan, persawahan,
permukiman, dan kawasan industri.
2. Berikut
ini beberapa sikap peduli untuk melestarikan hewan dan tumbuhan yang dapat kita
lakukan.
a.
Tidak berburu hewan
secara liar dan tidak menebang pohon sembarangan.
b.
Merawat hewan piaraan
dan tumbuhan yang ditanam dengan penuh kasih sayang.
c.
Melakukan tebang pilih
(menebang dengan memilih ukuran dan usia tunbuhan)
d.
Melakukan peremajaan
tanaman
e.
Melakukan penghijauan
kembali (reboisasi) di lahan gundul agar lahan kembali dipenuhi tumbuhan dan
hewan.
f.
Melaporkan kepala pihak
berwenang jika mengetahui orang yang melakukan tindakan mengancam kelestarian
tumbuhan dan hewan.
g.
Membuang ampah pada
tempatnya
3. Hewan
piaraan dan hewan ternak perlu dirawat dengan baik agar tumbuh sehat. Cara
merawat hewan sebagai berikut.
a.
Menempatkan hewan di
dalam kandang yang sesuai
b.
Memberi makan dan minum
secukupnya
c.
Menempatkan kandang di
tempat yang cukup sinar matahari.
d.
Membersihkan kandang
setiap hari.
e.
Mengobati hewan sakit.
4. Hewan
liar juga perlu dijaga dan dirawat
dengan cara tidak melakukan perburuan liar terhadap hewan-hewan liar,
jika menemukan hewan yang menderita segera lakukan tindakan untuk merawat
hewan.
5. Tumbuhan
juga perlu dirawat dengan baik agar dapat tumbuh subur. Cara merawat tumbuhan
sebagai berikut.
a.
Menyirami dengan air
secara teratur
b.
Memberikan pupuk
tanaman yang sesuai.
c.
Menyiangi rumput yang
tumbuh disekitarnya.
d.
Memangkas tanaman yang
sudah besar dan lebat
e.
Melindungi dari
serangan hama dan penyakit.
6. Penghijauan
merupakan kegiatan menanami lahan kosong dengan aneka jenis tanaman.
Penghijauan yang dilakukan di hutan gundul disebut reboisasi.
7. Manfaat
dari kegiatan penghijauan yaitu
a.
Mengurangi erosi tanah.
b.
Mencegah banjir dan
tanah longsor.
c.
Menyerap polusi udara.
d.
Menghasilkan oksigen.
e.
Menjaga cadangan air
tanah, serta mengurangi dampak efek rumah kaca.
Muatan
SBdP
1. Karya
seni montase adalah karya seni yang dibuat dengan cara menggabungkan beberapa
gambar yang sudah jadi dengan gambar yang sudah jadi lainnya sehingga menjadi
gambar baru.
2. Dalam
membuat montase unsur-unsur yang harus diperhatikan yaitu kerapian, perpaduan
warna, perpaduan gambar yang ditempel
3. Berikut
langkah-langkah membuat montase dengan tema cinta lingkungan.
a.
Menyiapkan kertas,
gunting, lem, dan gambar jadi. Gambar jadi diambil dari majalah atau koran
bekas.
b.
Menempel gambar di
kertas HVS.
c.
Menyempurnakan karya
montase.
d.
Hasil jadi.
4.
Muatan
PKn
1. Dalam
hutan banyak tumbuhan yang dapat menyerap karbon dioksida sekaligus
menghasilkan oksigen.hutan berfungsi sebagai pengatur tata air dan tempat
tumbuh beraneka ragam flora dan fauna sehingga terjadi keseimbangan ekosistem
dalam kehidupan.
2. Peduli
lingkungan merupakan kewajiban masyarakat. Dengan peduli terhadap lingkungan
berarti mereka tidak melanggar hak orang lain.
3. Kepedulian
warga masyarakat dapat diwujudkan dalam bentuk tindakan seperti berikut.
a.
Membuat sampah pada
tempatnya.
b.
Melaksanakan hak dan
kewajiban terhadap lingkungan secara seimbang.
c.
Melaporkan kepada pihak
yang berwajib ketika melihat terjadi penebangan liar.
d.
Melakukan penghijauan
dengan menanam pohon yang mampu mengikat tanah.
4. Melestarikan
lingkungan merupakan kewajiban setiap warga masyarakat.
5. Melestarikan
lingkungan dapat kamu tunjukkan dalam berbagai tindakan seperti berikut.
a.
Membuang sampah pada
tempatnya.
b.
Melakukan penghijauan
atau reboisasi
c.
Melakukan tebang pilih.
d.
Melakukan konservasi
alam.
e.
Memakai energi ramah
lingkungan
f.
Membuat sumur-sumur
resapan air.
g.
Mendaur ulang barang
yang sudah tidak bisa terpakai.
h.
Mengurangi pamakaian
energi secara berlebihan.
i.
Memilah sampah organik
dan nonorganik.
j.
Membuat sanitasi air
bersih.
6. Melestarikan
lingkungan penting dalam menciptakan keseimbangan dalam kelestarian alam.
Melestarikan lingkungan juga dapat menciptakan iklam seimbang.
Hai B.Pungky saya senang bisa belajar di kls 4A
BalasHapusBanyak banget
BalasHapus