RANGKUMAN TEMA 1 SUBTEMA 1



Berikut ini merupakan rangkuman tema 1 subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku yang didalamnya terdapat muatan PKn, Bahasa Indonesia, dan SBdP.

MUATAN PKn
**Keberagaman budaya daerah terdiri atas makanan khas daerah, alat musik daerah, senjata tradisional, pakaian adat, dan rumah adat.
- * Keberagaman masyarakat yang ada di Indonesia menjadi ciri khas bangsa dan membedakan Indonesia dengan negara lain
- * Keberagaman berarti suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang 
 -  *   Keberagaman di Indonesia disebabkan oleh beberapa foktor seperti letak geografi, iklim, dan sejarah.
5*      Wilayah Indonesia terdiri atas 13.466 pulau.
6*      Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki 34 propinsi.
7*    Masyarakat Indonesia memiliki sikap toleransi dan keramahtamaan sebagai modal mempererat persatuan dan kesatuan bangsa, sikap ini tampak jelas pada kebiasaan gotong royong atau kerjabakti di lingkungan masyarakat.
8*  Jika toleransi tidak dimiliki oleh warga masyarakat, yang terjadi adalah perselisihan dan perpecahan antar warga.
9*   Satu lidi mudah dipatahkan, tetapi banyak lidi tidak mudah dipatahkan.” Pepatah tersebut menggambarkan pentingnya persatuan dan kesatuan untuk menciptakan kekuatan.
1*.  Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa Indonesia.
1*  Bhinneka Tunggal Ika terdapat dalam kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular.
**  Alat pemersatu bangsa selain Bhinneka Tunggal Ika antara lain:
a.       Dasar negara Pancasila
b.      Bendera Merah Putih sebagai bendera kebangsaan Indonesia
c.       Bahasa Indonesia sebagai Bahasa nasional dan bahsa pemersatu
d.      Lambang negara Burung Garuda 
e.       Lagu kebangsaan Indonesia Raya
f.        Laku-lagu perjuangan.
1*.  Menjaga persatuan dan kesatuan dalam keberagaman memiliki arti yang sangat penting seperti berikut ini:
a.       Tercipta hidup serasi, selaras, dan seimbang
b.      Pergaulan antar sesama menjadi lebih akrab.
c.       Perbedaan yang ada tidak menjadi sumber masalah.
d.      Pembangunan berjalan lancer.
**  Akibat tidak adanya sikap persatuan dan kesatuan seperti berikut ini:
a.       Tidak adanya kerjasama antar sesame warga masyarakat
b.      Terjadi permusuhan antar warga masyarakat yang satu dengan yang lainnya
c.       Masyarakat lebih mementingkan kepentingan suku atau golongan
d.      Tidak perduli dengan kesedihan dan penderitaan orang lain.
  * Sikap yang perlu dikembangkan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan dalam keberagaman adalah sebagai berikut:
a.       Tidak memandang rendah suku dan budaya lain
b.      Tidak menganggap suku dan budayanya paling tinggi dan paling baik.
c.       Berteman tanpa membeda bedakan status sosial
d.      Menerima keberagaman suku bangsa, agama, dan budaya sebagai kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya.
e.       Lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan daerah atau suku masing-masing.

f.        Menunjukkan sikap toleransi antar teman yang berbeda agama
g.      Membiasakan bekerja sama tanpa memandang perbedaan suku bangsa, agama, dan budaya yang dianut.
*  Bentuk perilaku yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman masyarakat antara lain:
a.       Menghormati perbedaan suku, budaya, agama,dan status sosial orang lain
b.      Tidak memaksakan keyakinan kita kepada orang yang berbeda agama.
c.       Bersikap toleran terhadap keyakinan dan ibadah yang dilaksanakan umat beragama lain.
d.      Tidak memandang rendah suku, budaya, agama, dan status sosial.
e.       Belajar kebudayaan daerah lain dalam rangka melestarikan kebudayaan nasional.
f.        Melakukan kerjasama dalam kegiatan sosial masyarakat.
*  Bentuk kegiatan sosial kemasyarakatan yang dapat menjaga persatuan dan kesatuan dalam keberagaman, contohnya:
a.       Membangun jembatan desa.
b.      Memperbaiki tempat-tempat umum seperti pos kamling
c.       Membantu orang yang tertimpa bencana alam seperti banjir, gempa bumi, dan gunung meletus.
d.      Membantu korban kecelakaan lalulintas.
*  Kegiatan sosial yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah contohnya sebagai berikut:
a.       Menjenguk teman yang sakit.
b.      Melakukan bakti sosial di lingkungan sekolah.
c.       Membantu teman yang tertimpa musibah
d.      Kerja bakti menyiapkan acara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia di sekolah.
*.  Kegiatan sosial kemasyarakatan seperti di atas hendaknya dilakukan dengan ikhlas dan dilandasi sikap-sikap berikut ini.
a.       Saling menghormati
b.      Toleransi
c.       Pengabdian
d.      Bertanggung jawab
e.       Semangat kebersamaan
f.        Mengutamakan kepentingan bersama
g.      Rela berkorban untuk kepentingan orang lain.

Muatan Bahasa Indonesia
1.      Bacaan terdiri dari beberapa paragraf dan kalimat, setiap paragraf memuat gagasan pokok.
2.      Gagasan pokok merupakan masalah utama yang dibahas atau diungkapkan dalam bacaan.
3.      Gagasan pokok terdapat di awal,di akhir, diawal dan diakhir paragraf atau menyebar diseluruh paragraf.
4.      Gagasan pokok dalam paragraf terdapat pada kalimat utama dan diperjelas oleh gagasan pendukung atau gagasan penjelas.
5.      Gagasan pendukung atau gagasan penjelas terdapat pada kalimat-kalimat penjelas
6.      Isi bacaan merupakan informasi yang disampaikan penulis kepada pembaca, dan dapat dipahami berdasarkan gagasan pokok setiap paragraf.
7.      Sebelum menentukan gagasan pokok tentukan dulu kalimat utamanya.
8.      Dalam bacaan terdapat penggunaan huruf kapital atau huruf  besar. Berikut atueran penggunaan huruf kapital.
a.       Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama kalimat.
b.      Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama orang.
c.       Huruf kapital dipakai pada awal kalimat dalam petikan langsung.
d.      Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama agama, kitan suci, dan Tuhan., termasuk kata ganti Tuhan.
e.       Huruf  kapital dipakai sebagai huruf pertama nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa.
f.        Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama geografi.


Muatan SBdP
1.      Gerak tari adalah perubahan posisi atau sikap anggota badan saat menari, gerak tari merupakan unsur utama pada tari.
2.      Pada gerak tari, pengolahan keindahannya dibagi menjadi gerak stilatif dan distortif.
3.      Gerak stilatif adalah gerak yang telah mengalami proses pengolahan yang mengarah pada bentuk tari yang indah.
4.      Gerak distorsif adalah pengolahan gerak yang telah melalui proses perombakan dari aslinya dan merupakan salah satu proses stilasi.
5.      Dua jenis tari yaitu gerak murni dan gerak maknawi.
a.       Gerak Murni
Merupakan gerak yang digarap untuk mendapatkan bentuk yang artistic dan tidak menggambarkan sesuatu, dan hanya mementingkan keindahan.
b.      Gerak maknawi
Merupakan gerak yang bermakna, pengolahan geraknya mengandung pengertian tertentu. Gerak ini juga disebut gerak gestur, bersifat menirukan.
6.      Ragam gerak tari kreasi baru adalah gerakan tari yang dibentuk dari perpaduan beberapa ragam gerak tari tradisional sehingga menjadi bentuk baru.
7.      Posisi duduk dan berdiri dalam tari disebut level gerak tari, level gerak tari merupakan tingkat jangkauan gerak atau tinggi rendahnya gerak.

IPA
1.      Benda yang bergetar menghasilkan bunyi.
2.      Benda yang menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.
3.      Sifat-sifat bunyi :
·         Bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair dan gas
·         Bunyi tidak dapat merambat pada ruang hampa
·         Bunyi dapat diserap pada benda yang lunak, seperti busa dan woll
4.      Waktu yang diperlukan untuk melakukan satu getaran disebut periode getar.
5.      Resonansi adalah peristiwa ikut bergetarnya suatu benda karena pengaruh getaran benda lain. Resonansi menyebabkan bunyi lebih nyaring.
6.       Kuat lemahnya bunyi ditentukan oleh simpang getar (amplitudo).
7.      Jika simpang getar (amplitudo) lebih besar maka bunyi semakin kuat, dan sebaliknya jika amplitudo kecil bunyi semakin lemah.
8.      Tinggi rendahnya bunyi berdasarkan frekuensinya.
9.      Frekuensi adalah banyaknya getaran yang terjadi tiap satu detik.
10.  Satuan frekuensi adalah Hertz (Hz).
11.  Macam-macam bunyi berdasarkan frekuensinya:
a.       Infrasonik adalah bunyi yang sangat rendah, dengan frekuensi kurang dari 20 Hz. Bunyi infrasonik dapat diterima oleh anjing, jangkrik, angsa, gajah  dan kuda.
b.      Audiosonik adalah bunyi yang frekuensinya dianatra 20 Hz-20.000 Hz. Bunyi ini yang dapat didengar oleh telinga manusia normal.
c.       Ultrasonik adalah bunyi yang sangat tinggi dengan frekuensi Lebih dari 20.000 Hz. Bunyi ini dapat di dengar oleh lumba-lumba, ikan paus dan kelelawar.
12.   Bunyi dapat didengar oleh telinga manusia karena terjadi proses perambatan bunyi.
13.  Bunyi dapat merambat melalui banda padat, benda cair dan benda gas.
14.  Bunyi merambat paling cepat melalui benda padat kemudian benda cair dan gas.
15.  Contoh perambatan bunyi pada benda padat: detak jantung manusia yang terdengar di telinga dokter dengan alat stetoskop, suara terdengar dari telepon mainan.
16.  Contoh perambatan bunyi melalui benda cair yaitu bunyi ikan lumba-lumba yang berbicara dengan kawannya, proses USG pada ibu hamil.
17.  Perambatan bunyi melalui benda gas contohnya orang yang berbicara, suara lonceng terdengar ditelinga kita.
18.  Bunyi dapat dipantulkan dan diserap
19.  Benda yang dapat memantulkan  bunyi contohnya dinding, tembok, seng, dan lain-lain.

20.  Benda yang dapat menyerap bunyi contohnya karpet, kain, karton, wol, karet, gabus. kapas, busa dan lain-lain.

IPS
1.      Cara menghargai keberagaman yang ada di Indonesia :
·         menghormati semua pemeluk agama.
·         bekerjasama tanpa membedakan suku.
·         bermain dengan semua teman tanpa membedakan agama dan suku.
·         tidak memandang rendah adat istiadat daerah lain.
·         menerapkan sikap toleransi
·         mempelajari budaya dari daerah lain
2.      Sikap yang tidak menghargai keberagaman yang ada di Indonesia :
·         tidak mau bermain dengan suku dan agama yang berbeda
·         menghina dan mengolok suku dan agama orang lain
·         tidak mau bekerjasama dengan orang yang berbeda suku dan agama.
·         memaksakan pendapat sendiri
·         mengganggu orang yang sendang ibadah
3.      Ciri Khas setiap Daerah.
No
Nama Daerah
Ciri Khas Daerah
1
Padang
Rumah : Gadang
Alat musik : talemong, saluang
Masakan : rendang
Tarian : Piring
2
Madura
Rumah : Tanenan Lanjhjang
Masakan : sate madura, soto madura
Kesenian : Karapan sapi
Tarian : Kasomber
3
Yogjakarta
Rumah : Joglo
Masakan : gudeg
Tarian : Serimpi
Alat musik : gending
4
Betawi
Kesenian : ondel-ondel, lenong
Alat musik : tanjidor
Cerita yang terkenal : Si Pitung
Tari : tari Jaipong
Makanan : kerak telor
5
Bali
Alat musik : gamelan
Tari : tari Pendet, tari Kecak
Makanan : Ayam Betutu
Senjata : keris
Adat istiadat : ngaben, subak

4.      Alat musik daerah dan asalnya
      
No
Nama Alat Musik
Asal Daerah
Cara Memainakan
1
Angklung
Jawa Barat
Digoyang
2
Saluang
Sumatera Barat
Ditiup
3
Kecapi
Jawa Barat
Dipetik
4
Kendang
Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur
Dipukul
5
Tifa
Papua
Dipukul

5.     
Mengidentifikasi suku Minang 
a.       Suku Minang disebut sebagai orang padang atau urang awak.
b.      Bahasa Suku Minang disebut bahasa Minang
c.       Cerita legenda suku Minang yang terkenal adalah Malin Kundang
d.      Rumah adat suku Minang adalah rumah gadang
e.       Alat musik suku Minang adalah talempong. Talempong dimainkan dengan cara dipukul.
f.       Alat musik suku Minang yang dimainkan dengan cara ditiup adalah saluang.
g.      Tari yang berasal dari suku Minang adalah tari Pasambahan dan tari Piring.
h.      Makanan khas suku Minang adalah rendang, dendeng balado, dan sate padang.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Tema 4 Kelas 4