RANGKUMAN KELAS 4TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI SUBTEMA 1 SUMBER ENERGI
RANGKUMAN
KELAS 4TEMA
2 SELALU BERHEMAT ENERGI
SUBTEMA 1 SUMBER ENERGI
Muatan
PPKn KD
3.2
1. Hak
adalah segala sesuatu yang benar dan harus diterima seseorang.
2. Contoh
hak siswa di sekolah:
a. Berhak
mendapatkan fasilitas pendidikan yang dibutuhkan
b. Berhak
mendapatkan bimbingan
dalam pengajaran
c. Berhak
mendapatkan laporan hasil belajar
3. Contoh
hak dalam kehidupan masyarakat:
a. Berhak
mendapatkan penghidupan yang layak
b. Berhak
mendapatkan fasilitas
umum seperti listrik, air bersih dan telepon.
c. Berhak
melakukan aktifitas di lingkungannya seperti kerja bakti.
4. Kewajiban
adalah sesuatu yang harus dilakukan terhadap orang lain atau lingkungan
sekitar.
5. Contoh
kewajiban siswa di sekolah:
a. Wajib
mematuhi peraturan sekolah
b. Wajib
merawat fasilitas yang digunakan dalam pembelajaran
c. Wajib
rajin belajar sehingga mampu mengikuti pelajaran dengan baik.
d. Wajib
membantu teman yang membutuhkan pertolongan
6. Contoh
kewajiban dalam kehidupan bermasyarakat:
a. Wajib
mempunyai keahlian
b. Wajib
membantu orang lain yang membutuhkan bantuan
c. Wajib
menghemat pemakaian fasilitas umum dan merawatnya
d. Wajib menjaga kebersihan lingkungan
7. Warga
negara Indonesia dijami hak nya dalam pemanfaatan SDA yaitu tersirat dalam UUD
1945 pasal 33 ayat (3) yang berbunyi Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung
di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarny
kemakmuran rakyat.
8. Hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara seimbang.
9. Contoh melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang
a.
menggunakan
listrik secara bijak. Dengan menggunakan listrik secara bijak, maka pasokan
listrik akan mencukupi untuk semua warga, dengan demikian kita tidak mengganggu
hak orang lain dalam menggunakan listrik.
b.
memanfaatkan
SDA secara bijak. Dengan memanfaatkan SDA secara bijak, maka lingkungan akan
tetap lestari, sehingga semua masyarakat dapat merasakan manfaatnya dan tidak
mengganggu kehidupan orang lain. Dengan terjaga kelestarian lingkungan, anak
cucu kita tetap merasakan manfaat SDA.
10. Hak dan kewajiban warga terhadap penggunaan listrik
A.
Hak
mendapat suplai listrik sesuai dengan ketentuan
mendapat keamanan dalam penggunaan listrik
menggunakan energi listrik
B.
Kewajiban
membayar tagihan penggunaan listrik
merawat fasilitas listrik yang disediakan
menghemat pemakaian listrik
Muatan
Bahasa Indonesia KD 3.1, 3.2
1. Menjawab pertanyaan berdasarkan bacaaan
Langkah yang kamu lakukan dalam menjawab pertanyaan
berdasarkan bacaan adalah
a. membaca dan memahami isi bacaan
b. membaca soal
c. mencari jawaban pada bacaan
d. menuliskan jawaban sesuai isi bacaan
2. Menceritakan
gambar dengan bahasa
sendiri.
Langkah untuk menceritakan gambar dengan bahasa sendiri
adalah :
a. mencermati gambar
b. memahami makna yang tercantum pada gambar
c. menuliskan cerita pada gambar
3. Membandingkan 2 alat
Persamaan dan perbedaan kincir angin dan kincir air
a.
Persamaan
:
sama-sama bisa berputar karena adanya energi kinetik
replika kincir air dan angin dapat digunakan sebagai
mainan
kincir angin dan kincir air dapat menggerakkan turbin
sebagai pembangkit tenaga listrik
baling-baling pada kincir yang berputar, menggerakkan
benda yang diletakkan pada pusat baling-baling
b.
Perbedaan
Kincir air menggunakan sumber energi air yang mengalir
Cara kerja kincir air adalah air yang mengalir mendorong
sayap pada kincir air sehingga kincir air berputar ke depan.
Kincir angin menggunakan sember energi angin
Cara kerja kincir angin adalah pertama adalah hembusan
angin yang mendorong daun atau sayap pada kincir angin tersebut, kemudian poros
ikut berputar mengikuti arah hembusan angin.
Muatan
IPA KD 3.5
1. Matahari
sebagai sumber energi terbesar memancarkan panas dan cahayanya ke bumi. Cahaya matahari menerangi bumi sehingga kita dapat melihat semua
mahluk hidup dan benda disiang hari. Panas matahari mengakibatkan adanya
kehidupan di bumi.
2. Berikut
beberapa peran matahari dalam
proses fenomena alam:
a. Perputaran bumi pada porosnya, menyebabkan terjadinya siang dan
malam.
b. Kemiringan posisi Bumi saat melakukan
revolusi dan mengakibatkan
terjadinya 4 musim di belahan bumi
Utara dan Selatan.
c. Berperan
pada siklus/perputaran air, hingga terjadi perubahan cuaca: mendung, panas, dan
hujan.
d. Berperan
pada proses terjadinya awan.
e. Panas
matahari mengakibatkan perbedaan suhu udara yang memicu terjadinya angin.
3. Manfaat matahari bagi makhluk hidup :
a.
mengeringkan
baju
b.
mengeringkan
kerupuk
c. Proses pembuatan garam, matahari menyebabkan penguapan air laut.
d. Membantu proses terjadinya vitamin D yang
berguna bagi pertumbuhan tulang pada anak-anak
e. Cahaya
dan panas matahari digunakan sebagai sumber energi pada panel surya, yang
mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik
f.
Berperan pada proses fotosintesis
g. Mengeringkan hasil pertanian
h. Mengeringkan hasil laut/ikan
4. Manfaat Sumber Energi Air
a.
Air
juga dapat dimanfaatkan sebagi sumber energi listrik. Salah satunya dengan
menggunakan kincir air.
b.
Air
digunakan untuk memasak makanan
c.
Air
digunakan untuk minum agar makhluk hidup tidak mengalami dehidrasi
d.
Air
digunakan mandi dan membersihkan tubuh
e.
Air
digunakan mencuci piring, baju dan peralatan lainnya
f.
Air
digunakan mengepel lantai dan membersihkan rumah
5. Air yang digunakan untuk kehidupan sehari-hari berasal
dari air bersih. Untuk itu kita harus merawat lingkungan agar air bersih selalu
tersedia.
6. Cara merawat lingkungan untuk menjaga ketersediaan air
bersih :
a.
menanam
pohon karena akar pohon dapat menyimpan air bersih
b.
membersihkan
sungai
c.
meletakkan
sampah pada tempatnya
d.
tidak
membuang limbah di sungai atau aliran air
e.
mengurangi
polusi udara yang menyebabkan hujan asam
f.
menghemat
penggunaan air
7. Cara menghemat air
a.
mematikan
kran air setelah menggunakan
b.
mematikan
air saat menyabun tangan dan menghidupkan air saat membilas tangan
c.
tidak
bermain air
d.
memanfaatkan
air bekas cucian beras untuk menyiram tanaman
8. Angin
adalah udara yang bergerak.
9. Belanda disebut sebagai negeri kincir angin karena
disana kincir angin dimanfaatkan untuk memompa air sungai dan dialirkan ke
laut.
10. Pada permainan kincir angin dari kertas, kincir angin
dapat berputar karena adanya tiupan angin. Baling-baling pada kincir yang berputar menggerakkan
benda yang diletakkan di pusat baling-baling.
11. Manfaat energi angin
a.
Pada
proses hujan, angin membuat awan-awan bergerak ke berbagai wilayah di atas daratan, sehingga
banyak wilayah akan terhindar dari kekeringan.
b.
Angin
membantu suhu udara di musim panas menjadi lebih sejuk
c.
Angin
membantu dalam permainan layang-layang, kincir angin bermain gelembung sabun yang beterbangan
d.
Angin dapat menggerakkan kincir angin dan
menggerakkan generator yang bisa mengubah energi angin menjadi listrik
e.
Angin
dapat membantu olah raga paralayang
f.
Angin
dapat menggerakkan perahu layar
12. Sumber Energi Listrik
Listrik
merupakan sumber energi yang membantu kita melakukan aktivitas sehari-hari.
13. Manfaat sumber energi listrik
menghidupkan benda elektronik yang dapat membantu dan meringankan
pekerjaan manusia.
14. Cara menghemat energi listrik
a.
mematikan
alat elektronik jika tidak digunakan
b.
mematikan
lampu saat siang hari
c. menggunakan energi listrik dengan bijaksana
15. Sumber energi minyak
bumi diolah menjadi bahan bakar minyak seperti bensin, solar, bensol dan minyak
tanah.
16. Untuk menjaga terjadinya kelangkaan sumber energi fosil
atau minyak bumi maka pemerintah melakukan penelitian untuk mencari energi
alternatif pengganti minyak bumi.
17. Energi alternatif antara lain:
a. Angin
b. Air
c. Gas bumi
d. Biogas
e. Biofuel
18. Bentuk pemanfaatan minyak bumi dalam kehidupan
masyarakat:
a.
Sebagai
bahan bakar
b.
Hasil
penyulingan minyak bumi menghasilkan gas cair (LPG)
c.
Sebagai
sumber pengolahan berbagai bahan kebutuhan sehari-hari
19. Cara menghemat energi Minyak Bumi:
a. Memanfaatkan
fasilitas kendaraan umum ketika melakukan perjalanan
b. Menggunakan
alat-alat yang mudah didaur ulang
c. Jika berpergian
ke tempat yang dekat memilih berjalan kaki atau menggunakan sepeda gowes
d. Mencari sumber
energi alternatif pengganti minyak bumi
Muatan
IPS 3.1
1. Sumber
Daya Alam adalah kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan
manusia.
2. Jenis-Jenis Sumber Daya Alam
a. Menurut jenisnya, sumber daya alam terbagi menjadi
dua, yaitu sebagai berikut.
1)
Sumber
daya alam hayati berasal dari berbagai makhluk hidup seperti tumbuhan, hewan,
dan mikroorganisme.
a)
Sumber
daya alam nabati yang berasal dari tumbuhan, seperti hutan tropis dan hutan
musim.
b)
Sumber
daya alam hewani ini tersebar dalam tiga wilayah di Indonesia yaitu Indonesia
bagian barat (fauna Asiatis), tengah (fauna peralihan), dan timur (fauna
australiastis). Ciri khas keragaman hewan yang asli Indonesia dapat ditemukan
di daerah Indonesia bagian tengah, seperti komodo dan anoa.
2)
Sumber
daya alam nonhayati merupakan sumber daya alam selain makhluk hidup, seperti
barang tambang diantaranya batu bara, emas, dan timah.
b.
Berdasarkan manfaatnya, sumber daya alam terbagi menjadi tiga, yaitu sebagai
berikut.
1)
Sumber
daya alam yang menghasilkan bahan baku untuk kebutuhan hidup manusia, seperti
hutan, laut, dan tanah.
2)
Sumber
daya alam penghasil energi seperti matahari, gelombang laut, minyak, dan gas
bumi.
3)
Sumber
daya alam yang dimanfaatkan keindahannya dan biasanya digunakan sebagai tempat
wisata.
c. Sumber daya alam berdasarkan ketersediaannya di alam
1)
Sumber
daya alam yang terbarukan adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan
dapat dikelola untuk kita
perbanyak jumlahnya, seperti hasil
pertanian, kehutanan, dan peternakan.
2)
Sumber
daya alam yang tidak terbarukan adalah Sumber Daya Alam yang pembentukannya
sangat lama sekali (puluhan juta tahun) dan akan habis lebih cepat apabila kita
tidak bisa mengelola dan menjaganya, seperti tembaga, emas, bauksit, perak,
minyak bumi, batu bara, batu gamping, batu marmer.
3)
Sumber
daya alam yang kekal yaitu sumber daya alam ini tidak akan habis dimakan waktu
seperti matahari dan udara/angin.
3. Kegiatan ekonomi
yang memanfaatkan kedua jenis sumber daya alam
a.
Kegiatan
Pertanian, komoditas yang dihasilkan padi, jagung, kedelai, kacang tanah dsb
b.
Kegiatan
Perkebunan, komoditas yang dihasilkan kelapa sawit, tebu, cengkeh, tembakau,
kopi, kakau dsb
c.
Kegiatan peternakan, komoditas
yang dihasilkan daging ayam, sapi, telur ayam, susu sapi
d.
Kegiatan pertambangan, komoditas yang dihasilkan minyak bumi, timah, tembaga,
batu bara dsb
e.
Kegiatan kehutanan, komoditas yang dihasilkan kayu, sumber pangan,
obat-obatan
4. Dampak yang diakibatkan dari pengolahan SDA
A. Dampak
positif dari lingkungan antara lain :
1. Berkembangnya
berbagai macam teknologi membuat masyarakat menjadi lebih mudah mencari tahu
mengenai lingkungan.
2. Berkembangnya sektor perdagangan, karena banyaknya produk pengolahan SDA.
3. Bermunculan produk baru
4. Kebutuhan manusia terpenuhi
B. Dampak
negatif dari lingungan tersebut yaitu :
1. Pencemaran lingkungan.
2. Pemanasan global.
3. Dapat
merusak lingkungan hidup.
4. Pencemaran atmosfer karena
menipisnya lapisan ozon akibat polusi.
5. Merusak hutan karena membuka
lahan untuk industri.
6. Rusaknya SDA (Sumber Daya
Alam).
7. Lahan terbuka berubah
menjadi lahan tertutup.
8. Area resapan air menjadi
berkurang.
9. Lahan pertanian
berkurang
5. Cara mengatasi Dampak sumber daya alam
1. Memanfaatkan dan merawat
SDA dengan baik dan benar.
2. Menolak
bukan pada glonalisasinya tapi pada dampak negatif bagi lingkungan hidup.
3. Tidak
membuang sampah pada sembarang tempat.
4. Mendaur
ulang sampah yang bisa dimanfaatkan.
5. Melakukan kegiatan penghijaun kota dan reboisasi.
6. Pemeliharaan
atau pelestarian hutan.
6. Indonesia
sebagai negara kepulauan dengan garis pantai terpanjang di dunia memiliki
kekayaan laut yang luar biasa jumlahnya. Ribuan jenis ikan, karang, dan hewan
laut lainnya terdapat di perairan kita. Karena itu Indonesia dikenal dengan
sebutan “Ibu Kota Ikan Dunia”.
7. Indonesia
dikenal sebagai paru-paru dunia karena luasnya hutan tropis yang mampu
menghasilkan udara bersih yang berlimpah.
8. Indonesia juga terkenal sebagai negara maritim karena
luas laut yang dimilikinya.
Muatan
SBdP kd 3.2
1. Berikut adalah urutan tinggi rendah nada
Semakin
ke kanan nada akan semakin tinggi.
2. Birama
lagu adalah 4/4. Itu menunjukkan bahwa dalam satu birama terdapat 4 ketukan.
Satu ketukan akan bernilai ¼
3. Tanda 2 2 menunjukkan bahwa kedua nada dalam satu ketukan. Masing-masing 1/8 ketukan
4. Mengidentifikasi lagu Menanam Jagung
Judul Lagu : Menanam
Jagung
Tempo : 4/4
Pencipta : Ibu
Soed
5. Ada
beberapa teknik vokal yaitu:
a. Ketepatan
bunyi nada
b. Pelafalan
atau pengucapan bunyi bahasa
c. Pernapasan
6. Bunyi
nada yang menghasilkan suara tidak tepat akan mengahsilkan suara fals.
7. Teknik
pernapasan yang benar dalam bernyanyi adalah teknik pernapasan perut.
8. Syarat
membunyikan nada dengan tepat yaitu:
a. Pendengaran
yang baik
b. Pengaturan
napas yang baik
c. Kepekaan
bermusik
Sangat membantu saya . Jazakumulloh.
BalasHapus