RANGKUMAN KELAS 4TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI SUBTEMA 1 SUMBER ENERGI



RANGKUMAN KELAS 4TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI
SUBTEMA 1 SUMBER ENERGI


Muatan PPKn KD 3.2
1.      Hak adalah segala sesuatu yang benar dan harus diterima seseorang.
2.      Contoh hak siswa di sekolah:
a.       Berhak mendapatkan fasilitas pendidikan yang dibutuhkan
b.      Berhak mendapatkan bimbingan dalam pengajaran
c.       Berhak mendapatkan laporan hasil belajar
3.      Contoh hak dalam kehidupan masyarakat:
a.       Berhak mendapatkan penghidupan yang layak
b.      Berhak mendapatkan fasilitas umum seperti listrik, air bersih dan telepon.
c.       Berhak melakukan aktifitas di lingkungannya seperti kerja bakti.
4.      Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan terhadap orang lain atau lingkungan sekitar.
5.      Contoh kewajiban siswa di sekolah:
a.       Wajib mematuhi peraturan sekolah
b.      Wajib merawat fasilitas yang digunakan dalam pembelajaran
c.       Wajib rajin belajar sehingga mampu mengikuti pelajaran dengan baik.
d.      Wajib membantu teman yang membutuhkan pertolongan
6.      Contoh kewajiban dalam kehidupan bermasyarakat:
a.       Wajib mempunyai keahlian
b.      Wajib membantu orang lain yang membutuhkan bantuan
c.       Wajib menghemat pemakaian fasilitas umum dan merawatnya
d.      Wajib menjaga kebersihan lingkungan
7.      Warga negara Indonesia dijami hak nya dalam pemanfaatan SDA yaitu tersirat dalam UUD 1945 pasal 33 ayat (3) yang berbunyi Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarny kemakmuran rakyat.
8.      Hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara seimbang.
9.      Contoh melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang
a.       menggunakan listrik secara bijak. Dengan menggunakan listrik secara bijak, maka pasokan listrik akan mencukupi untuk semua warga, dengan demikian kita tidak mengganggu hak orang lain dalam menggunakan listrik.
b.      memanfaatkan SDA secara bijak. Dengan memanfaatkan SDA secara bijak, maka lingkungan akan tetap lestari, sehingga semua masyarakat dapat merasakan manfaatnya dan tidak mengganggu kehidupan orang lain. Dengan terjaga kelestarian lingkungan, anak cucu kita tetap merasakan manfaat SDA.
10.  Hak dan kewajiban warga terhadap penggunaan listrik
A.    Hak
mendapat suplai listrik sesuai dengan ketentuan
mendapat keamanan dalam penggunaan listrik
menggunakan energi listrik
B.     Kewajiban
membayar tagihan penggunaan listrik
merawat fasilitas listrik yang disediakan
menghemat pemakaian listrik





Muatan Bahasa Indonesia KD 3.1, 3.2
1.      Menjawab pertanyaan berdasarkan bacaaan
Langkah yang kamu lakukan dalam menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan adalah
a. membaca dan memahami isi bacaan
b. membaca soal
c. mencari jawaban pada bacaan
d. menuliskan jawaban sesuai isi bacaan
2.      Menceritakan gambar dengan bahasa sendiri.
Langkah untuk menceritakan gambar dengan bahasa sendiri adalah :
a. mencermati gambar
b. memahami makna yang tercantum pada gambar
c. menuliskan cerita pada gambar
3.      Membandingkan 2 alat
Persamaan dan perbedaan kincir angin dan kincir air
a.       Persamaan :
sama-sama bisa berputar karena adanya energi kinetik
replika kincir air dan angin dapat digunakan sebagai mainan
kincir angin dan kincir air dapat menggerakkan turbin sebagai pembangkit tenaga listrik
baling-baling pada kincir yang berputar, menggerakkan benda yang diletakkan pada pusat baling-baling
b.      Perbedaan
Kincir air menggunakan sumber energi air yang mengalir
Cara kerja kincir air adalah air yang mengalir mendorong sayap pada kincir air sehingga kincir air berputar ke depan.
Kincir angin menggunakan sember energi angin
Cara kerja kincir angin adalah pertama adalah hembusan angin yang mendorong daun atau sayap pada kincir angin tersebut, kemudian poros ikut berputar mengikuti arah hembusan angin.
Muatan IPA KD 3.5
1.    Matahari sebagai sumber energi terbesar memancarkan panas dan cahayanya ke bumi. Cahaya matahari menerangi bumi sehingga kita dapat melihat semua mahluk hidup dan benda disiang hari. Panas matahari mengakibatkan adanya kehidupan di bumi.
2.    Berikut beberapa peran matahari dalam proses fenomena alam:
a.    Perputaran bumi pada porosnya, menyebabkan terjadinya siang dan malam.
b.    Kemiringan posisi Bumi saat melakukan revolusi dan mengakibatkan terjadinya 4 musim di belahan bumi Utara dan Selatan.
c.    Berperan pada siklus/perputaran air, hingga terjadi perubahan cuaca: mendung, panas, dan hujan.
d.    Berperan pada proses terjadinya awan.
e.    Panas matahari mengakibatkan perbedaan suhu udara yang memicu terjadinya angin.
3.      Manfaat matahari bagi makhluk hidup :
a.       mengeringkan baju
b.      mengeringkan kerupuk
c.       Proses pembuatan garam, matahari menyebabkan penguapan air laut.
d.      Membantu proses terjadinya vitamin D yang berguna bagi pertumbuhan tulang pada anak-anak
e.       Cahaya dan panas matahari digunakan sebagai sumber energi pada panel surya, yang mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik
f.        Berperan pada proses fotosintesis
g.      Mengeringkan hasil pertanian
h.      Mengeringkan hasil laut/ikan
4.      Manfaat Sumber Energi Air
a.       Air juga dapat dimanfaatkan sebagi sumber energi listrik. Salah satunya dengan menggunakan kincir air.
b.      Air digunakan untuk memasak makanan
c.       Air digunakan untuk minum agar makhluk hidup tidak mengalami dehidrasi
d.      Air digunakan mandi dan membersihkan tubuh
e.       Air digunakan mencuci piring, baju dan peralatan lainnya
f.        Air digunakan mengepel lantai dan membersihkan rumah
5.      Air yang digunakan untuk kehidupan sehari-hari berasal dari air bersih. Untuk itu kita harus merawat lingkungan agar air bersih selalu tersedia.
6.      Cara merawat lingkungan untuk menjaga ketersediaan air bersih :
a.       menanam pohon karena akar pohon dapat menyimpan air bersih
b.      membersihkan sungai
c.       meletakkan sampah pada tempatnya
d.      tidak membuang limbah di sungai atau aliran air
e.       mengurangi polusi udara yang menyebabkan hujan asam
f.        menghemat penggunaan air
7.      Cara menghemat air
a.       mematikan kran air setelah menggunakan
b.      mematikan air saat menyabun tangan dan menghidupkan air saat membilas tangan
c.       tidak bermain air
d.      memanfaatkan air bekas cucian beras untuk menyiram tanaman
8.      Angin adalah udara yang bergerak.
9.      Belanda disebut sebagai negeri kincir angin karena disana kincir angin dimanfaatkan untuk memompa air sungai dan dialirkan ke laut.
10.  Pada permainan kincir angin dari kertas, kincir angin dapat berputar karena adanya tiupan angin. Baling-baling pada kincir yang berputar menggerakkan benda yang diletakkan di pusat baling-baling.
11.  Manfaat energi angin
a.       Pada proses hujan, angin membuat awan-awan bergerak ke  berbagai wilayah di atas daratan, sehingga banyak wilayah akan terhindar dari kekeringan.
b.      Angin membantu suhu udara di musim panas menjadi lebih sejuk
c.       Angin membantu dalam permainan layang-layang, kincir angin bermain gelembung sabun yang beterbangan
d.      Angin dapat menggerakkan kincir angin dan menggerakkan generator yang bisa mengubah energi angin menjadi listrik
e.       Angin dapat membantu olah raga paralayang
f.        Angin dapat menggerakkan perahu layar
12.  Sumber Energi Listrik
Listrik merupakan sumber energi yang membantu kita melakukan aktivitas sehari-hari.
13.  Manfaat sumber energi listrik
menghidupkan benda elektronik yang dapat membantu dan meringankan pekerjaan manusia.
14.  Cara menghemat energi listrik
a.       mematikan alat elektronik jika tidak digunakan
b.      mematikan lampu saat siang hari
c.       menggunakan energi listrik dengan bijaksana
15.   Sumber energi minyak bumi diolah menjadi bahan bakar minyak seperti bensin, solar, bensol dan minyak tanah.
16.  Untuk menjaga terjadinya kelangkaan sumber energi fosil atau minyak bumi maka pemerintah melakukan penelitian untuk mencari energi alternatif pengganti minyak bumi.
17.  Energi alternatif antara lain:
a.  Angin
b.  Air
c.  Gas bumi
d.  Biogas
e.  Biofuel
18.  Bentuk pemanfaatan minyak bumi dalam kehidupan masyarakat:
a.       Sebagai bahan bakar
b.      Hasil penyulingan minyak bumi menghasilkan gas cair (LPG)
c.       Sebagai sumber pengolahan berbagai bahan kebutuhan sehari-hari
19.  Cara menghemat energi Minyak Bumi:
a.  Memanfaatkan fasilitas kendaraan umum ketika melakukan perjalanan
b.  Menggunakan alat-alat yang mudah didaur ulang
c.  Jika berpergian ke tempat yang dekat memilih berjalan kaki atau menggunakan sepeda gowes
d.  Mencari sumber energi alternatif pengganti minyak bumi

Muatan IPS 3.1
1.      Sumber Daya Alam adalah kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia.
2.      Jenis-Jenis Sumber Daya Alam 
a. Menurut jenisnya, sumber daya alam terbagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut.
1)      Sumber daya alam hayati berasal dari berbagai makhluk hidup seperti tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme.
a)      Sumber daya alam nabati yang berasal dari tumbuhan, seperti hutan tropis dan hutan musim.
b)      Sumber daya alam hewani ini tersebar dalam tiga wilayah di Indonesia yaitu Indonesia bagian barat (fauna Asiatis), tengah (fauna peralihan), dan timur (fauna australiastis). Ciri khas keragaman hewan yang asli Indonesia dapat ditemukan di daerah Indonesia bagian tengah, seperti komodo dan anoa.
2)      Sumber daya alam nonhayati merupakan sumber daya alam selain makhluk hidup, seperti barang tambang diantaranya batu bara, emas, dan timah.
b. Berdasarkan manfaatnya, sumber daya alam terbagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.
1)      Sumber daya alam yang menghasilkan bahan baku untuk kebutuhan hidup manusia, seperti hutan, laut, dan tanah.
2)      Sumber daya alam penghasil energi seperti matahari, gelombang laut, minyak, dan gas bumi.
3)      Sumber daya alam yang dimanfaatkan keindahannya dan biasanya digunakan sebagai tempat wisata.
c. Sumber daya alam berdasarkan ketersediaannya di alam
1)      Sumber daya alam yang terbarukan adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan dapat dikelola untuk kita perbanyak jumlahnya, seperti hasil pertanian, kehutanan, dan peternakan.
2)      Sumber daya alam yang tidak terbarukan adalah Sumber Daya Alam yang pembentukannya sangat lama sekali (puluhan juta tahun) dan akan habis lebih cepat apabila kita tidak bisa mengelola dan menjaganya, seperti tembaga, emas, bauksit, perak, minyak bumi, batu bara, batu gamping, batu marmer.
3)      Sumber daya alam yang kekal yaitu sumber daya alam ini tidak akan habis dimakan waktu seperti matahari dan udara/angin.
3.     Kegiatan ekonomi yang memanfaatkan kedua jenis sumber daya alam 
a.       Kegiatan Pertanian, komoditas yang dihasilkan padi, jagung, kedelai, kacang tanah dsb
b.      Kegiatan Perkebunan, komoditas yang dihasilkan kelapa sawit, tebu, cengkeh, tembakau, kopi, kakau dsb
c.       Kegiatan peternakan, komoditas yang dihasilkan daging ayam, sapi, telur ayam, susu sapi
d.      Kegiatan  pertambangan, komoditas yang dihasilkan minyak bumi, timah, tembaga, batu bara dsb
e.       Kegiatan  kehutanan, komoditas yang dihasilkan kayu, sumber pangan, obat-obatan
4.    Dampak yang diakibatkan dari pengolahan SDA
A.    Dampak positif dari lingkungan antara lain :
1. Berkembangnya berbagai macam teknologi membuat masyarakat menjadi lebih mudah mencari tahu mengenai lingkungan.
2. Berkembangnya sektor perdagangan, karena banyaknya produk pengolahan SDA.
3. Bermunculan produk baru
4. Kebutuhan manusia terpenuhi
B.     Dampak negatif dari lingungan tersebut yaitu :
1.  Pencemaran lingkungan.
2.  Pemanasan global.
3.  Dapat merusak lingkungan hidup.
4.  Pencemaran atmosfer karena menipisnya lapisan ozon akibat polusi.
5.  Merusak hutan karena membuka lahan untuk industri.
6.  Rusaknya SDA (Sumber Daya Alam).
7.  Lahan terbuka berubah menjadi lahan tertutup.
8.  Area resapan air menjadi berkurang.
9.  Lahan pertanian berkurang 
5.    Cara mengatasi Dampak sumber daya alam
1.      Memanfaatkan dan merawat SDA dengan baik dan benar.
2.      Menolak bukan pada glonalisasinya tapi pada dampak negatif bagi lingkungan hidup.
3.      Tidak membuang sampah pada sembarang tempat.
4.      Mendaur ulang sampah yang bisa dimanfaatkan.
5.      Melakukan kegiatan penghijaun kota dan reboisasi.
6.      Pemeliharaan atau pelestarian hutan.
6.     Indonesia sebagai negara kepulauan dengan garis pantai terpanjang di dunia memiliki kekayaan laut yang luar biasa jumlahnya. Ribuan jenis ikan, karang, dan hewan laut lainnya terdapat di perairan kita. Karena itu Indonesia dikenal dengan sebutan “Ibu Kota Ikan Dunia”.
7.    Indonesia dikenal sebagai paru-paru dunia karena luasnya hutan tropis yang mampu menghasilkan udara bersih yang berlimpah.
8.    Indonesia juga terkenal sebagai negara maritim karena luas laut yang dimilikinya.

Muatan SBdP kd 3.2
1.     Berikut adalah urutan tinggi rendah nada

Semakin ke kanan nada akan semakin tinggi.
2.    Birama lagu adalah 4/4. Itu menunjukkan bahwa dalam satu birama terdapat 4 ketukan. Satu ketukan akan bernilai ¼
3. Tanda 2 2 menunjukkan bahwa kedua nada dalam satu ketukan. Masing-masing 1/8 ketukan
4.    Mengidentifikasi lagu Menanam Jagung
 Judul Lagu : Menanam Jagung
Tempo        : 4/4
Pencipta      : Ibu Soed
5.    Ada beberapa teknik vokal yaitu:
a.       Ketepatan bunyi nada
b.      Pelafalan atau pengucapan bunyi bahasa
c.       Pernapasan
6.    Bunyi nada yang menghasilkan suara tidak tepat akan mengahsilkan suara fals.
7.    Teknik pernapasan yang benar dalam bernyanyi adalah teknik pernapasan perut.
8.    Syarat membunyikan nada dengan tepat yaitu:
a.       Pendengaran yang baik
b.      Pengaturan napas yang baik
c.       Kepekaan bermusik

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Tema 4 Kelas 4