RANGKUMAN
TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP
SUBTEMA 1 HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU
Muatan
Bahasa Indonesia KD 3.3
1. Wawancara
adalah tanya jawab dengan seseorang untuk dimintai pendapat mengenai suatu
topik atau objek.
2. Orang
yang mewawancarai disebut pewawancara dan orang yang diwawancarai disebut
narasumber.
3. Langkah
langkah dalam melakukan wawancara.
a. Menentukan
narasumber
b. Menghubungi narasumber secara
langsung atau tidak langsung untuk memastikan kesediaan melakukan wawancara.
c. Mempersiapkan
daftar pertanyaan sesuai dengan pokok-pokok masalah yang akan ditanyakan dalam
wawancara. Kita dapat menggunakan kata tanya ADIK SIMBA (apa, dinama, kapan,
siapa, mengapa dan bagaimana) saat membuat pertanyaan.
d. Mempersiapkan
keperluan wawancara, misalnya alat tulis dan alat perekam.
e. Membuat
janji dengan narasumber sebelum melakukan wawancara.
4. Sebelum
menyusun pertanyaan kamu harus menggali informasi yang berkaitan dengan tema
wawancara agar kamu dapat menyusun kalimat pertanyaan sebanyak-banyaknya.
5. Gunakan
kosakata baku dan kalimat efektif dalam menyusun daftar pertanyaan.
6. Kalimat
tanya adalah suatu jenis kalimat yang mengandung pertanyaan yang dimaksudkan
untuk mendapatkan tanggapan atau jawaban dari orang lain.
7. Ciri
pertanyaan yang baik adalah sebagai berikut.
a. Kalimat
tanya harus sesuai topik yang dibahas
b. Kalimat
tanya diawali dengan kata tanya ADIK SIMBA (Apa, Dimana, Kapan, Siapa, Mengapa,
dan Bagaimana)
c. Kalimat
tanya selalu diakhiri tanda baca tanya (?)
d. Kalimat
tanya bersifat menggali lebih banyak informasi
e. Pertanyaan
fokus atau tepat sasaran
f. Terdapat
hubungan berkesinambungan antar pertanyaan
g. Pertanyaan
menggunakan bahasa yang benar.
8. Wawancara
dapat dilakukan dengan siapapun , seperti teman, saudara, guru, petani, atau
orang yang ahli dalam bidangnya.
9. Aturan-aturan
penting yang perlu diperhatikan saat sebelum melakukan wawacara, ketika
melakukan wawancara,
maupun setelah melakukan wawancara.
a. Sebelum
Melakukan Wawancara
1. Buat
janji dan minta kesediaan narasumber untuk diwawancarai.
2. Tunjukkan
kesan yang baik, misalnya datang tepat waktu.
3. Berpakaian
dengan sopan.
4. Berbicara
dan bersikap sopan.
5. Menyiapkan
daftar pertanyaan yang sesuai dengan pokok permasalahan.
6. Pertanyaan
yang baik mengandungunsur ADIK SIMBA
7. Berlatih
agar tidak sselalu membaca pertanyaan yang telah disusun.
b. Ketika
Sedang Melakukan Wawancara
1. Perkenalkan
diri sebelum melakukan wawancara.
2. Sampaikan
tujuan wawancara.
3. Mulai
wawancara dengan pertanyaan ringan.
4. Cairkan
suasana dengan menanyakan kegemaran
narasumber
5. Sebutkan
nama narasumber secara lengkap.
6. Bawa
catatan, alat tulis, atau alat perekam saat melakukan wawancara.
7. Dengarkan
pendapat dan informasi narasumber secara seksama.
8. Hindari
menyela agar keterangan tidak terputus.
9. Hindari
minta pengulangan jawaban dari narasumber.
10. Hindari
pertanyaan berbelit-belit.
11. Hormati
petunjuk narasumber.
12. Hindari
pertanyaan yang menyinggung dan menyudutkan narasumber.
13. Mengambil kesimpulan dan tidak
semua jawaban dicatat.
c. Setelah
Melakukan Wawancara
1. Mohon
diri
2. Mengucapkan
terimakasih
3. Menyampaikan
permohonan maaf jika selama wawancara ada hal yang kurang berkenan.
d. Kata
baku merupakan sebuah kata yang digunakan sudah sesuai dengan pedoman atau
kaidah bahasa yang sudah di tentukan, Atau kata baku adalah kata yang
sudah benar dengan aturan maupun ejaan kaidah bahasa Indonesia dan sumber utama
dari bahasa baku yakni Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
e. Contoh
kata baku adalah objek, pasif, praktik, efektif, karena, foto, biosfer, bus,
aktif, november,apotek, negeri, teknik, daftar, nasihat dan lain-sebagainya.
f. Kata
tidak baku merupakan kata yang dipakai tidak sesuai dengan pedoman atau
kaidah bahasa yang sudah ditentukan. Biasanya kata tidak baku sering dipakai
pada saat percakapan sehari-hari atau dalam bahasa tutur.
g. Contoh
kata tidak baku adalah praktek, pasip, apotik, efektip, karna, poto, biosfir,
bis, obyek, nasehat, aktip, negri, tekhnik, nopember dan llain sebagainya.
h. Paragraf
deskriptif berisi gambaran mengenai suatu hal/ keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat,
mendengar. Atau merasakan hal tersebut.
i.
Karangan deskriptif
memiliki ciri sebagai berikut:
·
Menggambarkan atau
melukiskan sesuatu
·
Penggambaran
dilakukakan sejelas-jelasnya dengan melibatkan indera
·
Membuat pembaca atau
pendengar seolah olah merasakan sendiri atau memgalami sendiri
j.
Pola pengembangan
paragraf deskriptif
·
Paragraf Deskriptif
Spasial, paragraf ini menggambarkan objek khusus ruangan, benda atau tempat.
·
Paragraf deskriptif
subjektif, paragraf ini menggambarkan objek seperti tafsiran atau kesan
perasaan penulis
·
Paragraf deskriptif
objek, paragraf ini menggambarkan objek dengan apa adanya atau sebenarnya.
Muatan
IPA KD 3.8
1. Lingkungan
adalah segala sesuatu yang memengaruhi pertumbuhan mahluk hidup. Lingkungan
terdiri atas dua unsur yaitu lingkungan hidup dan lingkungan mati yang ada disekitarnya.
2. Tanah
subur menyediakan semua
kebutuhan makanan bagi tumbuhan. Makanan tumbuhan berupa unsur hara.
3. Untuk
memenuhi kebutuhan hidup tanaman dapat dilakukan dengan pemupukan.
4. Banyak
cara untuk mempertahankan lahan pertanian agar tetap dapat dinikmati masyarakat
:
a. Menjaga
bibit agar dapat ditanam kembali.
b. Menjaga
lahan pertanian. Jangan sampai lahan digunakan untuk kebutuhan lainnya,
misalnya dijadikan untuk mendirikan bangunan.
c. Menjaga
kebersihan lingkungan sekitar. Sampah akan menyebabkan banjir. Apabila terjadi banjir, maka tanaman padi
tidak akan tumbuh.
d. Saluran
air dijaga agar tetap mengalir.
e. Penggunaan
beras yang tidak berlebihan. Jumlah penduduk yang meningkat akan meningkatkan
kebutuhan yang besar terhadap padi. Penggunaan beras sesuai kebutuhan akan
sangat membantu.
5. Kegiatan
atau penyemprotan dengan obat-obatan harus dilakukan sesuai dengan dosisnya.
Dosis yang berlebih dapat menimbulkan pencemaran.
6. Penyebab
keseimbangan lingkungan terganggu ada dua, yaitu faktor alam dan faktor
manusia.
7. Faktor
alam berupa bencana alam, seperti gunung meletus, tanah longsor, banjir,
tsunami, dan angin topan.
8. Faktor
manusia berupa kegiatan-kegiatan manusia yang tidak bijak dalam mengelola
sumber daya
alam, seperti membuang sampah sembarangan yang menyebabkan banjir.
9. Udara
yang bersih mengandung oksigen yang diperlukan tubuh.
10. Oksigen
dihasilkan oleh tumbuhan melalui proses
fotosintesis .
11. Berikut
ini bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya.
a. Akar,
akar merupakan bagian tanaman paling bawah, dan biasanya terdapat di dalam tanah. Akar
berfungsi untuk mengukuhkan tanaman, menyerap air dan mineral (unsur hara),
serta menyimpan cadangan makanan. Akar umumnya tumbuh kebawah searah dengan gravitasi
bumi.
·
Bagian
bagian akar
Secara umum akar terdiri atas akar
utama, cabang akar, dan rambut akar. Akar utama adalah bagian akar yang cukup
besar, berbebtuk mengerucut dan tumbuh lurus menembus tanah. Pada akar utama,
tumbuha cabang akar dan rambut akar.
·
Jenis-jenis akar
jenisnya akan dibagi menjadi dua, yaitu akar
tunggang dan akar serabut. Akar serabut berbentuk serabut berbentuk kecil-kecil
seperti rambut. Akar serabut tidak memiliki akar utama sehingga ukuran akar
satu sama lain relatif sama. Tanaman yang memiliki akar serabut umumnya merupakan
golongan monokotil (biji berkeping satu), contoh tanaman yang berakar serabut
adalah padi, pohon kelapa, dan rumpu-rumput.
Yang berikutnya adalah akar tunggang tersiri dari
suatu akar induk berukuran cukup besar. Pada bagian akar induk, tumbuhan
akar-akar cabang dengan ukuran yang lebih kecil. Tanaman yang memiliki akar
tunggang umumnya merupakan golongan dikotil (biji berkeping dua). Contoh
tanaman yang berakar tunggang adalah pohon mangga, jambu, dan jeruk.
·
Fungsi akar
Akar merupakan bagian tumbuhan yang sangat penting.
Keberadaan akar pada tumbuhan sangat menentukan kelangsungan hidup tumbuhan.
Fungsi akar bagian tumbuhan antara lain, menunjang berdirinya tumbuhan,
menyerap air mineral dan mineral-mineral dari dalam tanah, dan tempat menyimpan
cadangan makanan (untuk beberapa jenis tanaman tertentu, misalnya singkong)
b. Batang,
batang merupakan bagian tumbuhan yang berada diatas tanah batang membantu
tumbuhan agar dapat berdiri tegak. Batang berfungsi sebagai tempat tumbuhnya
daun, bunga,dan buah, mengangkut air dan mineral yang diserap akar ke daun
untuk fotosintesis, jalan untuk mengedarkan sari-sari makanan hasil
fotosintesis dari daun keseluruh tubuh tanaman.
·
Bagian-bagian batang
Batang tanaman berkayu, memilih bagian yang disebut
pembuluh tapis yang bertugas mengangkut makanan hasil fotosintesis dari daum ke
semua bagian tumbuhan. Dibagian dalam pembuluh tapis, pada tanaman diatas
terdapat lapisan kambium. Dibagian dalam lapisan kambium, terdapat pembuluh
kayu yang berguna untuk mengangkut air dan mineral yang diserap oleh kakar
menuju daun. Batang yang berkambium pada umumnya akan membentuk lingkaran
tahun.
·
Jenis-jenis batang
Berdasarkan kambiumnya, terdapat batang yang
berkambium dan batang yang tidak berkambium, contohnya tanaman yang memiliki
batang berkambium adalah mangga. Sementara itu tanaman yang tidak berkambium
adalah kelapa.
·
Fungsi Bantang
Fungsi batang bagi tumbuhan, antara lain seperti
berikut ini. Sebagai penyokong tubuh tumbuhan; sebagai tempat tumbuhnya daun,
bunga dan buah; mengangkut air dan mineral yang diserap oleh akar ke daun;
menyebarkan makanan dari daun ke semua bagian tumbuhan; sebagai tempat
menyimpan cadangan makanan.
c. Daun,
daun merupakan bagian tumbuhan yang tumbuh di batang, daun terdiri atas
tangkaian daun dan helai daun. Daun memiliki warna hijau karena mengandung zat
hijau daun yang disebut khlorofil. Daun berfungsi sebagai tempat fotosintesis,
hasil dari fotosintesis berupa zat makanan dan oksigen. Daun dibedakan menjadi
dua berdasarkan bentuk tulang daun yaitu menyirip, menjari, melengkung dan
sejajar. Selain itu daun juga dibedakan berdasarkan jumlah helai tiap
tangkainya yaitu daun tunggal dan majemuk.
d. Bunga,
bunga biasnya terletak di ujung atau di ketiak daun. Bagian-bagian bunga
meliputi tangkai bunga, kelopak bunga, mahkota bunga, putik, dan benang sari.
Bunga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan.
e. Biji,
proses penyerbukan antara putik dan benang sari akan menghasilkan biji. Biji
merupakan hasil penyerbukan pada bunga. Jika biji ditanam akan tumbuh menjadi
tumbuhan baru sehingga tanaman dapat berkembang biak.
f. Buah,
buah merupakan bagian yang melindungi biji, selain itu berfungsi sebagai
makanan cadangan. Buah dapat dimakan, yaitu bagian daging buahnya.
12. Dari
beberapa bagian tumbuhan diatas biji berperan penting dalam menjaga kelestarian
tumbuhan . biji menjadi cikal bakal lahirnya tumbuhan baru.
13. Tidak
semua tumbuhan dapat hidup diwilayah tertentu, kondisi dan karakteristik yang
dimaksud meliputi iklim, jenis tanah, dan bentuk lahan.
14. Berikut
ini beberapa tumbuhan dan persebarannya.
a. Padi,
sebagaian besar tanaman padi banyak dibudidayakan di dataran rendah yang
berhawa panas. Tanaman padi membutuhkan banyak air,membutuhkan sinar matahari
yang cukup. Banyak dibudidayakan didataran rendah.
b. Jagung,
jagung termasuk tanaman palawija. Sama dengan padi , jagung banyak dibudayakan
di dataran rendah. Bedanya jagung tidak memerlukan banyak air.
c. Kelapa,
tanaman kelapa dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah atau daerah
berpasir. Pada dataran tinggi, tanaman
kelapa bisa saja tumbuh namun perkembangannya lambat, buahnya sedikit, dan
kadar minyaknya rendah.
d. Teh,
tanaman the berasal dari derah subtropis. Tanaman the hanya dapat berkembang
dengan baik di daerah berhawa sejuk. Oleh karena itu the banyak di tanam di
dataran tinggi dan pegunungan.
e. Kopi,
kopi merupakan tanaman yang dapat berkembang dengan baik di daerah sejuk.
Karena itulah, banyak perkebunan kopi ditemukan di daerah berudara sejuk
seperti di pegunungan dan dataran tinggi.
Muatan
IPS KD 3.3
1. Makanan
pokok penduduk Indonesia ada bermacam macam, ada ubi, jagung, sagu, dan nasi.
Dari keempat makan tersebut nasi merupakan makanan pokok yang paling bayak di
konsumsi masyarakat Indonesia.
2. Di
Indonesia terdapat wilayah yang berupa dataran tinggi, dataran rendah,
pengunungan, dan pantai. Setiap wilayah menyimpan sumber daya alam yang
berbeda.
a. Pantai,
pantai merupakan suatu wilayah yang langsung berbatasan dengan laut. Karena
panoramanya yang indah pantai digunakan untuk kegiatan wisata selain itu juga
digunakan sebagai tempat budidaya udang dan bandeng, setra kegiatan pembuatan
garam.
Mata pencaharian penduduk yang tinggal di pantai adalah
nelayan, petani garam, petani tambak, pengusaha ikan asin/ikan asap, pedagang
ikan/hasil tangkapan laut, pemandu pariwisata pantai.
b. Dataran
Rendah, dataran rendah merupakan daerah datar dengan ketinggian kurang dari 200
meter diatas permukaan laut. Dataran rendah dimanfaatkan benyak penduduk untuk
kegiatan pertanian (singkong, padi jagung), peternakan dan perkebunan (tebu,
kelapa dan karet). Selain itu juga cocok untuk perumahan, perdagangan dan
industri.
Mata pencaharian penduduk yang tinggal di dataran rendah
adalah petani sawah, pegawai kantor/pabrik, guru, peternak, pedagang,
wirausaha.
c. Dataran
Tinggi, dataran tinggi merupakan daerah dataran dengan ketinggian lebih dari
200 meter diatas permukaan laut. Dataran tinggi cocok untuk tempat
peristirahatan atau kegiatan wisata, untuk usaha perkebunan (teh, kopi, dan tembakau),
budidaya sayur-sayuran, buah-buahan, dan tanaman hias.
Mata pencaharian penduduk yang tinggal di dataran tinggi
adalah petani buah dan sayur, peternak sapi perah, pemandu wisata, pedagang,
wirausaha.
Muatan
PPKn KD 3.1
1. Memanfaatkan
tanaman merupakan hak warga masyarakat Indonesia. Hak tersebut hendaknya
disertai pelaksanaan kewajiban yaitu kewajiban memanfaatkan tanaman secara
bijak.
2. Sikap
bijak yang dapat di tunjukkan dalam memanfaatkan tanaman, seperti berikut.
a. Tidak
menbuang-buang nasi yang berasal dari tanaman padi.
b. Tidak
mengambil nasi melebihi porsi makan.
c. Merawat
tanaman dengan baik.
d. Tidak
merusak tanaman.
3. Bentuk
tindakan tidak bijak dan tidak bertanggung jawab, seperti berikut.
a. Menebangi
hutan secara liar.
b. Mencabut
tanaman yang sedang tumbuh.
d. Menendang
tanaman.
4. Hak
terhadap tanaman
a. Memanfaatkan
hasil tanaman.
b. Menikmati
keindahan tanaman.
c. Menikmati
kesegaran udara yang dihasilkan tanaman.
5. Kewajiban
terhadap tanaman.
a. Mengadakan
penanaman pohon kembali agar tidak punah
b. Memanfaatkan
tanaman secara bijak.
Bijak memanfaatkan tumbuhan berarti kita menghematnya,
tidak membuang-buangnya, tidak mengambil secara berlebih dan tidak merusaknya.
Ketika kita tidak memanfaatkan tumbuhan dengan baik berarti kita sudah
mengambil hak orang lain untuk menikmati lingkungan yang nyaman.
c. Merawat
tanaman dengan baik.
Muatan SBdP
1. Kolase
merupakan kegiatan menempel material seperti daun, kain, dan kertas untuk
membuat desain tertentu.
2. Dalam
seni kolase, bentuk asli material yang digunakan harus tetap terlihat.
3. Berikut
adalah langkah-langkah membuat kolase.
a. Menyiapkan
alat dan bahan.
b. Membuat
desain yang diinginkan
c. Menempelkan
material pada kertas membentuk sesuai desain yang di inginkan.
d. Menghias
kolase yang sudah di tempel.
e. Hasil
jadi.

Komentar
Posting Komentar